Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

WORKSHOP EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES VERSI 2.0 DI KABUPATEN SANGGAU
09 Pebruari 2019 16:47:07 / kalbar / dibaca: 56 kali / Kat: Siskeudes

Bertempat di Gedung Pertemuan Umum Balai Betomu Kabupaten Sanggau, pada tanggal 8 Februari 2019 telah dilaksanakan Workshop Evaluasi Implementasi Siskeudes versi 2.0 di Lingkungan Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut merupakan workshop ketiga dan hari terakhir atas rangkaian kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Siskeudes versi 2.0 yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat. Workshop tersebut diikutsertai oleh 163 Kepala Desa, 15 Kepala Camat, 26 Kepala OPD, dan 4 Perwakilan dari Musyawarah Pimpinan Daerah. Dalam workshop tersebut, dipaparkan tentang Perubahan Permendagri tentang Keuangan Desa dari Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 menjadi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 yang membuat Desa harus lebih akuntabel dalam penatausahaan keuangan dan Siskeudes versi 2.0 dibangun berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 sehingga Desa kedepannya tidak perlu terbebani dengan masalah Administrasi yang semakin kompleks dan dapat fokus pada prioritas pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. 

Jumat, 8 Februari 2019, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Balai Betomu Sanggau di Kabupaten Sanggau, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Workshop Evaluasi Implementasi Siskeudes versi 2.0 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Workshop tersebut merupakan Workshop Evaluasi Siskeudes versi 2.0 ketiga yang dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP Kalimantan Barat, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang. Workshop evaluasi Siskeudes versi 2.0  kali ini dihadiri oleh 163 Kepala Desa, 15 Camat, 26 Kepala OPD, dan 4 Orang Perwakilan Musyawarah Pimpinan Daerah.

Workshop Evaluasi Siskeudes diawali dengan kata sambutan dan pembukaan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, A.L. Leysandri, selaku Plh. Bupati Sanggau. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para Narasumber. Narasumber yang mengisi acara Workshop tersebut diantara lainnya Direktur BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah 3, Iskandar Novianto, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kalbar, Kombespol Mujiyono, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono.

Direktur Pengawasan Pengelolaan Keungan Daerah Wiliah III BPKP, Iskandar Noviyanto, dalam materi yang membahas tentang Siskeudes 2.0 dan Permendagri Nomor 20 tahun 2018, menyampaikan bahwa dengan semakin kompleksnya permasalahan dalam pengelolaan keuangan Desa, BPKP menawarkan solusi berupa Siskeudes 2.0 untuk memudahkan penatausahaan dan administrasi keuangan di Desa sehingga Desa tidak lagi dibebani dengan urusan administrasi keuangan dan dapat lebih fokus dalam membangun desanya. Selanjutnya disampaikan juga bahwa Siskeudes versi 2.0 ini wajib digunakan oleh seluruh  Desa, terutama dalam penyusunan APBDes 2019.

Selanjutnya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono, dalam materi yang berjudul “Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa dan Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes Versi 2.0” menyampaikan bahwa terkait penggunaan Dana Desa, masih terdapat beberapa kendala diantara lainnya ialah penganggaran HOK yang dibawah 30% dari Bidang Pembangunan Desa, Penarikan Dana Desa yang belum sesuai dengan ketentuan, serta penggunaan Dana Desa yang belum sesuai dengan Prioritas Penggunaan Dana Desa yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat.  Meski masih terdapat banyak kendala, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat berharap agar implementasi Siskeudes versi 2.0 dapat digunakan oleh perangkat desa secepat mungkin. Dan Perwakilan BPKP Kalimantan Barat siap membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk mempercepat implementasi penggunaan Siskeudes versi 2.0 oleh seluruh Desa di Kabupaten Sanggau.

Setelah penyampaian materi dari BPKP, Narasumber terakhir dari Polda Kalimantan Barat menyampaikan materi tentang Peran Polda pada Pengelolaan Dana Desa. Dalam materi tersebut disampaikan bahwa Kabupaten Sanggau masih harus meningkatkan pengelolaan keuangan Dana Desanya karena sampai saat ini belum ada Desa Mandiri di Kabupaten Sanggau. Diharapkan kedepannya. di Kabupaten Sanggau akan ada semakin banyak Desa yang mencapai status Desa Mandiri.



Share      

Berita Terkait:

08 Pebruari 2019 06:43:47 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
WORKSHOP EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES VERSI 2.0 DI KABUPATEN SINTANG
08 Pebruari 2019 05:48:42 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
WORKSHOP EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES VERSI 2.0 DI KABUPATEN SEKADAU
31 Januari 2019 23:18:54 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
BIMTEK SISKEUDES V2.0 , LANGKAH AWAL BERSAMA DALAM IMPLEMENTASI PERMENDAGRI NOMOR 20 TAHUN 2018


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id