Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

KEPALA PERWAKILAN: “SPIP DAN KAPABILITAS APIP DUA PILAR PENTING TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK”
20 Desember 2018 14:47:31 / kalbar / dibaca: 607 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono menyampaikan bahwa Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP ibarat dua bayi kembar (dua pilar penting) yang saling berhubungan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan saat membuka acara Workshop Penerapan SPIP di Aula Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat pada hari Kamis, 20 Desember 2018

Workshop Penerapan SPIP demi terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Bersih dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Kamaruzaman, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Barat, Para Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Kepala Badan Keuangan Daerah dan Kepala Bapeda se-Kalimantan Barat. Narasumber workshop penerapan SPIP adalah Direktur Pengawasan PPKD Wilayah II BPKP, Bea Rejeki Tirtadewi dengan moderator yaitu Inspektur Provinsi Kalimantan Barat, Sekundus.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2008, seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintahan Daerah wajib menyelenggarakan pengendalian internal dilingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah masing-masing. “BPKP sebagai pembina pengendalian internal selama ini telah melaksanakan peran dan fungsi sebagai pembina pengendalian internal dalam bentuk kegiatan penyusunan pedoman, pelatihan, sosialiasasi, bimtek, pendampingan hingga penilaian maturitas SPIP.”, ujar Raden Suhartono. Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa Inspektorat sebagai pertahanan ketiga dalam konsep third line of defence, mempunyai peran yang strategis selaku mata dan telinga Kepala Daerah dimana Inspektorat harus mampu mengawal penyelenggaraan pemerintah daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pelaporan pertanggungjawaban. Untuk mampu menjalankan peran dan tugas serta kewenangan tersebut, menurut Kepala Perwakilan menjadi suatu keharusan Inspektorat memiliki kapabilitas dengan didukung pengendalian internal yang efektif.

Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa maturitas SPIP dan kapabilitas APIP saling berhubungan dan bersifat dinamis. “Jika diibaratkan SPIP dan Kapabilitas APIP seperti bayi kembar, karena keduanya merupakan dua pilar penting dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.”, ujar Raden Suhartono.

Direktur Pengawasan PPKD Wilayah II BPKP, Bea Rejeki Tirtadewi menyampaikan materi terkait dengan penguatan SPIP dan APIP untuk peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan. Bea Rejeki menyampaikan bahwa pengendalian internal yang efektif harus diimplementasikan dalam seluruh tahapan proses manajemen/pengelolaan keuangan negara/daerah mulai dari tahapan perumusan kebijakan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, penatausahaan, pelaporan dan monitoring evaluasi serta didukung dengan peran APIP yang optimal melalui kegiatan pengawasan yang dilakukan (assurance dan consulting).

Tim Humas BPKP Kalbar



Share      

Berita Terkait:

22 Nopember 2018 08:59:19 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP KALBAR GELAR SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN PBJ
22 Nopember 2018 08:53:03 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP KALBAR GELAR SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN PBJ
22 Nopember 2018 08:29:53 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP KALBAR GELAR SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN PBJ
22 Nopember 2018 08:23:42 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP KALBAR GELAR SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN PBJ
12 Nopember 2018 20:09:51 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
KAPER HADIRI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI PERWAKILAN BPK-RI PROVINSI KALIMANTAN BARAT


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id