Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

PEMPROV KALBAR RAIH OPINI WTP SEBANYAK 6 KALI BERTURUT-TURUT
31 Mei 2018 16:00:31 / kalbar / dibaca: 443 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kamis, 31 Mei 2018, bertempat di ruang Balairung Sari Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Arman Sahri Harahap menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Barat terkait dengan penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI kepada DPRD Provinsi Kalimantan Barat Terhadap Pelaksanaan APBD Tahun 2017.

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Ir. H. Suriansyah. Hadir dalam rapat tersebut antara lain Pj. Gubernur Kalimantan Barat, Doddy Riyadmadji; Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Azis, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suma Jenny H dan Ermin Elviani; Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, M. Zeet Hamdy Assovie, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat serta Anggota Forkompimda Provinsi Kalimantan Barat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat paripurna DPRD tentang penyampaian laporan hasil pemeriksaan BPK tersebut merupakan implementasi dari telah ditandatanganinya kerjasama antara DPRD Provinsi Kalimantan Barat dengan BPK Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 4 agustus 2010 yang salah satu poinnya adalah terkait dengan tata cara penyampaian laporan hasil pemeriksaan. Suriansyah menambahkan bahwa  berdasarkan tentang UU No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Negara, kualitas pertanggungjawaban keuangan tercermin dalam opini yang diberikan oleh BPK RI terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah. BPK memberikan empat kategori opini, yaitu WTP, WDP, Tidak Wajar dan Tidak Memberikan Pendapat.

Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Azis menyampaikan sesuai dengan UU no 15 tahun 2004 dan UU no 15 tahun 2006, BPK RI melakukan melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah dengan tujuan memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan perundang-undangan dan efektivitas pengendalian. Harry Azhar Azis menyatakan bahwa BPK RI telah memeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017 dan memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini WTP ini merupakan keenam kalinya yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Harry Azhar Azis menambahkan Laporan Keuangan Pemprov Kalimantan Barat tahun 2017 telah sesuai dengan Standarisasi Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai, dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material, serta telah menyusun dan merancang unsur-unsur sistem Pengendalian Internal (SPI). Pencapaian opini WTP tersebut menunjukkan komitmen Pemprov Kalimantan Barat beserta jajaran OPD-nya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan dan tentu tidak terlepas sinergi yang efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dari dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya.

Laporan Hasil Pemeriksaan BPK diserahkan oleh Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Aziz kepada Pj. Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji serta kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah.



Share      

Berita Terkait:

16 Agustus 2018 17:09:43 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PELANTIKAN KEPALA PERWAKILAN BPKP PROVINSI KALIMANTAN BARAT
16 Agustus 2018 17:01:14 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PJ Gubernur Kalimantan Barat Kukuhkan Kepengurusan DPW AAIPI Provinsi Kalimantan Barat
11 Juli 2018 14:27:02 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KEPALA PERWAKILAN HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT BHAYANGKARA KE-72 DI POLDA KALBAR
01 Juni 2018 08:55:11 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
UPACARA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA BUMI KHATULISTIWA
30 Mei 2018 22:52:11 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BUKA PUASA BERSAMA PERWAKILAN BPKP KALBAR DENGAN PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id