RAPAT KERJA PERWAKILAN BPKP SEBAGAI WAHANA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA

Rabu, (07 Februari 2018) Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan rapat kerja yang diikuti oleh seluruh lapisan pegawai di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat mulai hari Rabu (07/02/2018) sampai dengan Jum’at (9/02/2018) yang bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Kalbar lantai 3. Rapat kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 merupakan agenda tahunan yang bertujuan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan strategi untuk pencapaian kinerja di tahun 2018. Tema yang diusung dalam rapat kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 adalah “Memperkokoh Soliditas dan Kerjasama Guna Memperteguh Kerja Profesional Berintegritas Dalam Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan Untuk Mewujdukan Kinerja Tahun 2018”. Dalam rapat kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 ini dibagi dalam 5 komisi dimana setiap komisi mempunyai tugas tersendiri, yaitu Komisi 1 yang bertujuan untuk merancang SOP Perencanaan Penugasan Pengawasan; Komisi 2 yang bertujuan untuk merancang SOP Pelaporan Hasil Penugasan Pengawasan; Komisi 3 bertujuan untuk merancang SOP Tindak Lanjut Surat Masuk; Komisi 4 bertujuan merancang merancang desain routing slip penugasan, pelaporan dan optimalisasi PKPT; Komisi 5 bertujuan merancang agenda kegiatan kebersamaan di Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu juga terdapat paparan dari PT. Taspen (Persero) pada hari Rabu (07/02/2018), BPJS Kesehatan pada hari Kamis (08/02/2018) serta Kantor Wilayah Pajak Kalimantan Barat pada hari Jum’at (09/02/2018)

Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Rusdy Sofyan menyampaikan pemilihan tema tersebut karena melihat semakin beratnya tugas dan tantangan BPKP kedepan untuk mengimplementasikan Peraturan Presiden nomor 192 tahun 2014 tentang BPKP dan Instruksi Presiden RI  nomor 9 tahun 2014 tentang peningkatan kualitas sistem pengendalian intern dan keandalan penyelenggaran fungsi pengawasan intern dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat. Plh. Kepala Perwakilan menambahkan begitu besar harapan Pemerintah kepada BPKP dalam mengawal program pemerintah dan melakukan pengawasan dalam rangka meningkatkan penerimaan negara/daerah serta efisiensi dan efektivitas anggaran pengeluaran negara/daerah. Dalam upaya mewujudkan tugas pelaksanaan tugas tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Provinsi Kalimantan Barat memandang perlu untuk merancangan strategi dalam melaksanakan program/kegiatan dan anggaran tahun 2018. Terakhir Plh. Kepala Perwakilan menyampaikan tujuan rapat kerja adalah menyamakan persepsi dalam rangka meningkatkan komitmen dan langkah kerja dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja Perwakilan BPKP di masa mendatang serta mengevaluasi kinerja tahun 2017 dan merencanakan strategi pencapaian kinerja tahun 2018.

Rapat kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 berakhir pada hari Jum’at, 09/02/2018 dengan telah selesaianya disusun rancangan SOP Perencanaan Penugasan Pengawasan; SOP Pelaporan Hasil Penugasan Pengawasan; SOP Tindak Lanjut Surat Masuk; desain routing slip penugasan, pelaporan dan optimalisasi PKPT serta rancangan agenda kegiatan kebersamaan di Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat yang telah disepakati oleh seluruh peserta rapat kerja.