Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

PEREKONOMIAN PERBATASAN MENGGELIAT SEIRING DENGAN PEMBANGUNAN DI DAERAH PERBATASAN
17 Nopember 2017 15:36:26 / kalbar / dibaca: 2274 kali / Kat: Audit

Berdasarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, BPKP diberikan tugas salah satunya untuk melakukan pengawasan atas tata kelola (governance) percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN), di Provinsi Kalimantan Barat terdapat tujuh (tujuh) proyek strategis nasional, yaitu pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Landak dan Ketapang, pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Aruk dan Entikong, pembangunan Smelter Ketapang dan pengembangan Pelabungan Kijing. Pembangunan PSN tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. BPKP sebagai APIP berdasarkan Inpres Nomor 1 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek nasional diberikan tugas salah satunya untuk melakukan pengawasan atas tata kelola (governance) percepatan pelaksanan PSN.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Arman Sahri Harahap didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang IPP, Jonchon Samosir meninjau secara langsung perkembangan pembangunan dua PSN yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu pembangunan PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau serta PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, selain itu Kepala Perwakilan juga meninjau perkembangan pembangunan jalan akses PLBN Entikong dan Aruk serta jalan paralel pada tanggal 3 s.d. 6 November 2017. Kegiatan monitoring tersebut sebagai bagian dari tugas BPKP yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 tahun 2016.

Kepala Perwakilan terlebih dahulu meninjau perkembangan pekerjaan pelebaran jalan akses batas Serawak-Entikong  sepanjang 42 km yang menghubungkan antara Kembayan dengan Balai Karangan hingga batas Entikong-Serawak. Setelah meninjau pembangunan jalan akses tersebut, Kepala Perwakilan langsung menuju batas Entikong untuk meninjau perkembangan pembangunan PLBN Entikong Tahap II. Pembangunan PLBN Entikong Tahap II ini merupakan pembangunan infrastruktur kawasan dan fasilitas penunjang zona inti dengan luas area 37.068 m2. Pembangunan PLBN Entikong Tahap II meliputi pembangunan zona sub inti yaitu terdiri dari klinik dan kantor, mess pegawai, masjid, car wash, x-ray serta pembangunan zona pendukung meliputi renovasi pasar, wisma indonesia dan convention store.

Dari Entikong, Kepala Perwakilan beranjak menuju Aruk, Kabupaten Sambas untuk meninjau perkembangan pembangunan PLBN Aruk tahap II. Pembangunan PLBN Aruk Tahap II meliputi pembangunan zona sub inti dan pendukung zona inti yang terdiri dari pembangunan wisma indonesia, gereja, masjid, pasar, serta terminal. Setelah meninjau perkembangan pembangunan PLBN Aruk tahap II, Kepala Perwakilan langsung meninjau pekerjaan pelebaran jalan simpang tanjung – aruk sepanjang 28,5 km dan terakhir Kepala Perwakilan meninjau pekerjaan pembangunan jalan paralel. Dalam meninjau secara langsung kelima proyek tersebut, Kepala Perwakilan turun langsung untuk melihat sejauh mana perkembangan pekerjaan proyek tersebut dan mengidentifikasi hambatan dalam pekerjaan proyek tersebut serta memberikan saran/rekomendasi agar pembangunan kelima proyek tersebut dapat terlaksana sesuai dengan target.

Pembangunan kawasan di daerah perbatasan berupa pembangunan jalan akses dan PLBN tersebut  nantinya menjadikan PLBN sebagai pusat ekonomi baru. Wilayah perbatasan mulai ramai dengan kegiatan usaha mikro masyarakat dan dengan dibangunnya infrastruktur pendukung PLBN berupa pasar modern, nantinya membuat PLBN akan menjadi pusat perdagangan ekspor-impor. Pembangunan di daerah perbatasan ini diharapkan mampu meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat di daerah perbatasan.



Share      

Berita Terkait:

11 April 2017 16:52:11 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Audit
MONITORING PENYELESAIAN PEMBANGUNAN PLBN TERPADU
18 April 2016 09:03:54 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Audit
Musrenbang RKPD Tahun 2017 Provinsi Kalimantan Barat
04 April 2016 11:31:28 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Audit
LEBIH BAIK MENCEGAH KORUPSI DARI PADA TINDAKAN REPRESIF SESUDAH KEJADIAN KORUPSI
01 Pebruari 2016 12:35:22 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Audit
Finansial Kontraktor Bermasalah, Pembangunan PLTU 1 Kalbar Terlambat
29 September 2015 16:44:56 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Audit
Kaper BPKP Kalbar : “Pemda harus sudah siap mengimplementasi Accrual Basis\"


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id