Penutupan Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah se-Propinsi Kalimantan Barat

Hari jumat (19/05/2017), kegiatan diklat peningkatan kapabilitas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah resmi ditutup oleh Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Kalimantan Barat, Bapak Arman Sahri Harahap. Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama 5 hari dimulai hari Senin tanggal 15 Mei 2017 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari perwakilan seluruh inspektorat daerah baik itu Provinsi, Kota dan Kabupaten di Propinsi Kalimantan barat.

Dalam rangkaian acara penutupan tersebut, Peserta diklat menyampaikan bahwa kegiatan ini menjawab kerinduan inspektorat daerah atas peningkatan kapabilitas dan kemampuan teknis kegiatan pengawasan. Materi-materi diklat ini menjadi modal yang sangat berharga bagi inspektorat daerah untuk bisa berperan secara strategis dalam mengawal pemerintah daerah melaksanakan pembangunan di daerah.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Kalimantan Barat menyebutkan bahwa pemerintah menaruh harapan yang sangat besar terhadap APIP dalam mengawasi dana-dana pemerintah yang setiap tahun sangat besar. Untuk bisa melakukan pengawasan yang optimal, tentu saja diperlukan kapabilitas yang mumpuni sehingga peran APIP sebagai pemberi jasa consultansi dan assurane bisa tercapai. Peserta sebanyak 30 orang ini diharapkan menjadi motor penggerak bagi peningkatan kapabilitas APIP Level 3 di inspektoratnya masing-masing.