Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

KEDUDUKAN: Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur merupakan instansi vertikal BPKP di wilayah Provinsi Jawa Timur yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPKP. 

TUGAS POKOK: Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur mempunyai tugas:

  1. melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara dan/atau daerah atas kegiatan yang bersifat lintas sektoral;
  2. melaksanakan kegiatan pengawasan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara;
  3. melaksanakan kegiatan lain berdasarkan penugasan dari presiden dan atau atas permintaan Kepala Daerah;
  4. melaksanakan pembinaan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada wilayah kerjanya;
  5. melaksanakan penyelenggaraan dan pelaksanaan fungsi lain di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan

FUNGSI: Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan fungsi:

  1. Pemberian asistensi penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah;
  2. Pemberian asistensi terhadap pengelolaan keuangan negara/daerah, Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah dan kinerja Instansi Pemerintah Pusat/Daerah/Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah;
  3. Pengawasan terhadap badan usaha milik negara, badan-badan lain yang di dalamnya terdapat kepentingan pemerintah, dan badan usaha milik daerah atas permintaan pemangku kepentingan, serta kontraktor bagi hasil dan kontrak kerja sama, dan pinjaman/bantuan luar negeri yang diterima pemerintah pusat, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  4. Evaluasi terhadap pelaksanaan tata kelola dan laporan akuntabilitas kinerja pada badan usaha milik negara, badan-badan lain yang di dalamnya terdapat kepentingan pemerintah, dan badan usaha milik daerah atas permintaan pemangku kepentingan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-perundangan;
  5. Pelaksanaan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban akuntabilitas penerimaan negara/daerah dan akuntabilitas pengeluaran keuangan negara/daerah serta pembangunan nasional dan/atau kegiatan lain yang seluruh atau sebagian keuangannya dibiayai oleh anggaran negara/daerah dan/atau subsidi termasuk badan usaha dan badan lainnya yang di dalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah serta akuntabilitas pembiayaan keuangan negara/daerah;
  6. Pengawasan intern terhadap perencanaan dan pelaksanaan pemanfaatan aset negara/daerah;
  7. Pemberian konsultansi terkait dengan manajemen risiko, pengendalian intern, dan tata kelola terhadap instansi/badan usaha/badan lainnya dan program/kebijakan pemerintah yang strategis;
  8. Pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program dan/atau kegiatan yang dapat menghambat kelancaran pembangunan, audit atas penyesuaian harga, audit klaim, audit investigatif terhadap kasus-kasus penyimpangan yang berindikasi merugikan keuangan negara/daerah, audit penghitungan kerugian keuangan negara/daerah, pemberian keterangan ahli, dan upaya pencegahan korupsi;
  9. Pengoordinasian dan sinergi penyelenggaraan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional bersama-sama dengan aparat pengawasan intern pemerintah lainnya;
  10. Pelaksanaan sosialisasi, pembimbingan, dan konsultansi penyelenggaraan sistem pengendalian intern kepada instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan badan-badan yang di dalamnya terdapat kepentingan keuangan atau kepentingan lain dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah;
  11. Pelaksanaan kegiatan pengawasan berdasarkan penugasan Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah sesuai peraturan perundang-undangan;
  12. Pembinaan kapabilitas pengawasan intern pemerintah;
  13. Pengolahan data dan informasi hasil pengawasan atas penyelenggaraan akuntabilitas keuangan negara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah; dan
  14. Pelaksanaan dan pelayanan administrasi Perwakilan BPKP

Kembali ke Beranda


Share   
Profil BPKP Jatim
Sejarah Singkat
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi dan Misi
Website Pemda di Jawa Timur
Situs Pemda
Layanan Informasi Publik
Rencana Kerja Tahunan
Renstra
NERACA
Laporan Realisasi Anggaran
Daftar Barang Milik Negara
LAKIP
Ringkasan Program dan Kegiatan
Ringkasan Informasi Kinerja
Penetapan Kinerja
Pengadaan Barang dan Jasa
Laporan Operasional
Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Kinerja

 

Jln. Raya Bandara Juanda No. 38,

Sidoarjo, Jawa Timur

Telp.: (031) 8670360 - 8670362

Faks: (031) 8677039

E-mail: jatim@bpkp.go.id

http://www.bpkp.go.id/jatim.bpkp/

 

Link Terkait