Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Info Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah

Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) sebagai salah satu unit pelaksana pengawasan di Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:
Melaksanakan penyusunan rencana, program, pelaksanaan pengawasan instansi pemerintah pusat, dan pinjaman/bantuan luar negeri yang diterima pemerintah pusat serta pengawasan penyelenggaraan akuntabilitas instansi pemerintah daerah dan evaluasi hasil pengawasan.



Kegiatan yang dilaksanakan Bidang APD terdiri dari:

  • Kegiatan Pengawasan
  • Kegiatan Non Pengawasan
  •  

    Realisasi Kegiatan Pengawasan Bidang APD:

    • Audit Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah Bid Pendidikan, Kependudukan dan Capil th 2008 Kab Ngawi
    • Audit Kinerja Pelayanan Pemda Bid Kesehatan dan KUKM th 2008 Kab Ngawi
    • Audit Kinerja Pelayanan Pemda Bid PU dan Ketenagakerjaan Kab Ngawi
    • Audit Kinerja Bid Pendidikan, Kependudukan dan Capil Kota Probolinggo th 2008
    • Audit Kinerja Bid Kesehatan dan KUKM th 2008 Kota Probolinggo
    • Audit Kinerja Bidang PU dan Ketenagakerjaan Th 2008 Kota Probolinggo
    • Audit Operasional pada pekerjaan pembangunan lampu penerangan jalan umum Kab Jember Audit pekerjaan pembangunan Rumah sakit Surabaya Barat (survey Pendahuluan)
    • Audit Operasional atas pembangunan Rumah sakit Surabaya Barat
    • Audit Operasional DAK dan Dana Infrastruktur Sarana & Prasarana (DISP) Tahun 2008 pada Kabupaten Pamekasan, Probolinggo, Sampang, Banyuwangi, Tulungagung, Sumenep dan Kota Malang.
    • Reviu pelaksanaan pengadaan Alat Kedokteron umum Dana Bagi Hasil Cukai RSUD Bangil 2009
    • Evaluasi LAKIP th 2008 pada beberapa pemerintah kabupaten dan pemerintah kota
    • Desk Evaluation atas Lap Penyelenggaraan pemda pada 19 Kab/kota di Jawa Timur 
    • Melaksanakan Kompilasi dan Quality Assurance atas LAKIP Kab/Kota se Prov Jawa Timur
    • Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemda (EKPPD) Kab Bojonegoro

     

    Realisasi Kegiatan Non Pengawasan Bidang APD:

    • Asistensi pengembangan sistem pengelolaan Keuangan Daerah (Non Simda) pada beberapa pemerintah daerah
    • Asistensi Implementasi SAKD pada beberapa Kabupaten
    • Asistensi Pelaksanaan Pengelolaan Barang Daerah pada beberapa kabupaten
    • Asistensi Pengelolaan Keuangan Daerah pada beberapa kabupaten
    • Pendampingan pemeriksaan pajak di kota Surabaya
    • Asistensi implementasi SIMDA Keuangan pada beberapa kabupaten
    • Asistensi implementasi SIMDA Non-Keuangan pada beberapa kabupaten
    • Asistensi Penyusunan Lap keuangan Pokok th 2008 dan Pendampingan penerapan aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan RSJ Menur
    • Asistensi Penyusunan Perubahan KUA PPAS th 2009 dan RKPD
    • Asistensi Penyusunan LAKIP pada beberapa pemerintah daerah.
    • Pendampingan Review LKPD beberapa pemerintah daerah.
    • Asistensi Penyusunan TAPKIN pada beberapa pemerintah daerah.
    • Monitoring Implementasi Prog.Aplikasi SIMDA, Penyesuaian Sisdur Pengelolaan Keuangan dan Pendampingan Sensus BMD Kota Mojokerto
    • Pendampingan Penyusunan LAKIP, LKPJ Bupati dan LPPD Kab trenggalek th 2008
    • Pendampingan Inventarisasi Aset Daerah dan pengembangan SIMBADA Pemkab Pasuruan
    • Monitoring Implementasi program Aplikasi SIMDA Keuangan & Pendampingan Imple Prog Aplikasi SIMDA Gaji Kota Mojokerto
    • Bimtek Revisi SPM,RSB & Pedoman Tata Kelola RSUD dr.Soebandi Kab.Jember
    • Asistensi Penyusunan dan Review RPJMD
    • Asistensi Sinkronisasi RPJMD dg Perundang-undangan yg berlaku
    • Pendampingan implementasi Aplika SIMDA Gaji
    • Pendampingan Penyusunan LAKIP
    • Pendampingan Penyusunan LKPJ Bupati dan Walikota.
    • Pendampingan Penyusunan LPPD
    • Pendampingan Inventarisasi Aset Daerah dan
    • Asistensi Pengembangan SIMBADA
    • Asistensi Monitoring dan Pengembangan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah (SAPD)
    • Pendampingan kegiatan Validasi dan Sensus BMD
    • Pendampingan Penataan Asset Pasca Implementasi PP 41 th 2007 dan Validasi lanjutan BMD
    • Pendampingan penyelarasan Renstra SKPD thd RPJMD
    • Asistensi Penyusunan Kebijakan Akuntansi Pemkab
    • Survey Pengelolaan Keuangan Daerah
    • Pendampingan Pembangunan Sistem Informasi Pendapatan Daerah
    • Reviu atas pengadaan Barang/Jasa pada Pembangunan RSU Surodinawan Mojokerto
    • Survey Penerapan SPIP
    • Asistensi Penyempurnaan Renstra
    • Reviu Penyusunan Renstra SKPD
    • Pendampingan penerapan SAKIP
    • Pendampingan pemutakhiran data aset daerah
    • Pendampingan Penataan Aset Daerah
    • Asistensi program Aplikasi Ekspor Data SIPANDA dan SIMDA
    • Asistensi Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) kegiatan Non Fisik
    • Nara Sumber Bimtek Penatausahaan Keuangan
    • Survey Kesiapan Pendampingan dalam Penyusunan Neraca Awal SKPD dan Pemutakhiran Data Aset
    • Analisa dan Evaluasi Keselarasan Program Pemerintah Daerah dengan Program Pemerintah Pusat
    • Evaluasi atas Proses Penyusunan dan Penetapan APBD
    • Sosialisasi EKPPD

     

    Kembali ke Beranda


    Share   

    RENCANA UMUM PENGADAAN BARANG DAN JASA BPKP JAWA TIMUR TAHUN 2014