Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Kota Probolinggo Berupaya Pertahankan WTP 2012 Melalui Percepatan Tindak Lanjut Rekomendasi BPK-RI
27 Juni 2012 17:31:53 / jatim / dibaca: 966 kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi

Walikota Probolinggo: “Terima kasih kepada Kaper BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, MBA dan Tim BPKP yang telah mendampingi Pemkot Probolinggo dalam pengelolaan keuangan dengan SIMDA Keuangan, yang memungkinkan diperolehnya Opini WTP tahun 2011”

 

 

Rabu, 20 Juni 2012, Pemkot Probolinggo mengadakan Sosialisasi Peraturan BPK No. 2 Tahun 2010 Tentang Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK, di Hotel Bromo View, Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan telah diterimanya LHP BPK-RI atas LKPD Kota Probolinggo Tahun 2011 yang mendapat opini WTP. Namun demikian atas opini tersebut masih terdapat paragraf penjelasan tentang beberapa kelemahan yang perlu segera ditindaklanjuti. Selain itu, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Probolinggo dalam rangka Percepatan Tindaklanjut LHP BPK RI atas LKPD Kota Probolinggo Tahun 2011 dan melaksanakan rencana aksi (action plan) untuk mempertahankan opini WTP untuk LKPD Kota Probolinggo Tahun 2012.

Menurut Imam Suwoko, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset, selaku ketua panitia kegiatan sosialisasi, sasaran kegiatan sosialisasi ini antara lain:

1.    Terlaksananya APBD Tahun Anggaran 2012 tanpa adanya kesalahan yang material.

2.    Bertahannya opini WTP atas LKPD Kota Probolinggo pada tahun 2012.

Sosialisasi ini diikuti oleh Para Pengguna Anggaran, Pejabat Penatausahaan Keuangan SKPD, Kasubag Keuangan, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, Pengurus Barang dan Pembantu Pengurus Barang pada SKPD di Lingkungan Kerja Pemerintah Kota Probolinggo serta Bendahara Partai Politik di Wilayah Kota Probolinggo, total peserta yang hadir252 (dua ratus lima puluh dua) orangdan juga dihadiri oleh Wakil Walikota Probolinggo, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo, dan seluruh jajaran Pemkab Kota Probolinggo. Sedangkan narasumber sosialisasi ini adalah dari BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.

Acara pembukaan kegiatan sosialisasi ini diisi oleh presentasi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Hotman Napitupulu, dengan materi antara lain tentang Pentingnya Tertib Administrasi, Tanggung Jawab SKPD Selaku Entitas Akuntansi, Penyebab Belum WTP, dan Penerapan SPIP yang efektif. Sedangkan Plh. Kalan BPK-RI Provinsi Jawa Timur, Astar Lagama menyampaikan presentasi dengan materi tentang Peraturan BPK-RI No. 2 Tahun 2010.

Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Hotman Napitupulu mengucapkan selamat atas dicapainya opini WTP atas LKPD Tahun 2011 Kota Probolinggo dan beberapa prestasi antara lain Piala Adipura Ke–6 yang telah diraih Pemerintah Kota Probolinggo secara berturut-turut.; Piala Adiwiyata Mandiri yang telah diraih oleh SDN Sukabumi 6, SDN Mangunharjo 6, SMPN 4 dan SMAN 4;Piala Adiwiyata Nasional yang telah diraih oleh SDN Mangunharjo 12, SDN Sumberwetan 12, SMPN 10, SMAN 1 dan SMAN 3; Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Kota Sedang Tahun 2012;Plakat Pasar Terbaik Kota Sedang Tingkat Nasional;Plakat Terminal Terbaik Kota Sedang Tingkat Nasional; dan Penghargaan Dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLDH) 6 (enam) Besar Nasional.

Hotman berharap agar semua prestasi tersebut dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang, melalui kerja keras dan komitmen yang tinggi, karena semua prestasi tersebut merupakan indikator keberhasilan kinerja Pemkot Probolinggo.

Walikota Probolinggo, H, M. BUCHORI, S.H.,M.Si, menyampaikan terima kasih kepada Plh. Kalan BPK-RI Jawa Timur, Astar Lambaga, S.E.MM, dan Kaper BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, MBA yang telah berkenan hadir sebagai narasumber dalam acara pembukaan Sosialisasi Peraturan BPK Tentang Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPKP. Walikota Probolinggo juga menyampaikan terima kasih kepada BPKP Jawa Timur yang telah mendampingi Pemkot Probolinggo dalam pengelolaan keuangan dengan SIMDA Keuangan, yang telah memungkinkan diperolehnya Opini WTP tahun 2011.

 

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

30 Juni 2013 13:49:08 / jatim / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Forum Pertemuan Penghitungan Penyusutan BMN di Lingkungan BPKP
30 Juni 2013 12:00:59 / jatim / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Sensus BMD Kabupaten Sidoarjo Menuju Opini WTP
30 Juni 2013 11:46:10 / jatim / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Penandatanganan TAPKIN Kabupaten Sampang
28 Juni 2013 17:58:03 / jatim / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Penertiban Aset Negara di Kabupaten Jember
28 Juni 2013 13:28:09 / jatim / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Kakanwil X DJKN Akui Peran BPKP Dalam Inventarisasi BMD


RENCANA UMUM PENGADAAN BARANG DAN JASA BPKP JAWA TIMUR TAHUN 2014