Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

FORUM KOMUNIKASI SATUAN PENGAWASAN INTERN (FK SPI) WILAYAH JAWA TIMUR
11 Pebruari 2012 15:06:45 / jatim / dibaca: 2096 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, MBA: “Diharapkan SPI dapat menjalankan fungsi quality assurance atas  proses pengadaan barang dan jasa, sejak perencanaan hingga pelaporan”

 

Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, M.B.A., bertindak sebagai Keynote Speaker dalam Acara Seminar dan Muskerwil XXIV yang diselenggarakan oleh FK SPI Wilayah Jawa Timur di Kota Batu, pada Rabu 9/2.

 

Seminar dengan tema “Menjadikan Auditor Internal Sebagai Quality Assurance Dalam Sistem Pengendalian Intern”, dibuka oleh Ketua FK SPI, Drs. M. Syamsul Huda, Ak.,M.M,Qi.A. Dalam sambutannya, M. Syamsul Huda, berterimakasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur, Drs. Hotman Napitupulu, M.B.A., yang berkenan hadir sebagai Keynote Speaker dan berbagi ilmu kepada para peserta seminar.

 

M. Syamsul Huda menilai materi yang akan disampaikan oleh Hotman Napitupulu sangat sesuai dengan current issue dan tema seminar.

 

Hotman Napitupulu, dalam acara seminar ini disertai oleh Kepala Bidang Akuntan Negara, Ichsan Riyandi dan PFA dari Bidang Akuntan Negara yang juga bertindak sebagai narasumber dalam acara seminar ini.

 

 

Dalam seminar ini, Hotman Napitupulu, menyampaikan materi dengan judul “Peran SPI Dalam Mengawal Pengadaan Barang dan Jasa”. Materi yang disampaikan antara lain berisi antara lain tentang: Peran SPI Dalam Menjamin Kehandalan Sistem Pengendalian Intern, SPIP, Peran SPI Dalam Fungsi Manajemen, Peran SPI Dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, Indikasi dan Modus Penyimpangan Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, dll.

 

Pada saat menyampaikan materi, Hotman Napitupulu juga menyampaikan permasalahan penyerapan anggaran pemerintah yang tidak optimal pada tahun 2011, antara lain termasuk rendahnya realisasi Belanja Modal yang di dalamnya termasuk pengadaan barang dan jasa, baik pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang terkait langsung dengan penciptaan lapangan kerja, serta bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Contoh-contoh pengalaman BPKP selama mengawal proses pengadaan barang dan jasa di berbagai instansi pemerintah dan BUMN/D juga disampaikan yang tentu akan bermanfaat bagi para peserta seminar.

 

Hotman berharap agar SPI juga dapat berperan sama, seperti BPKP, sebagai quality assurance dari kegiatan pengadaan barang dan jasa di lingkungan internal masing-masing perusahaan, sehingga diperoleh hasil yang efisien dan efektif.

 

Dalam acara tersebut, Hotman Napitupulu menerima cendera mata dari Ketua FK SPI Wilayah Jawa Timur, M. Syamsul Huda.



Share      

Berita Terkait:

28 Pebruari 2014 12:20:21 / jatim / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Workshop Internal Implementasi SAP Berbasis Akrual
28 Pebruari 2014 11:08:23 / jatim / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Belajar SIMDA
18 Nopember 2013 13:59:25 / jatim / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembinaan Auditor Inspektorat Kabupaten Trenggalek
30 September 2013 15:44:20 / jatim / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peningkatan Kapabilitas PFA Melalui Workshop Forensik Komputer
28 Juni 2013 17:43:47 / jatim / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peningkatan Kapabilitas SDM Kabupaten Bojonegoro


RENCANA UMUM PENGADAAN BARANG DAN JASA BPKP JAWA TIMUR TAHUN 2014