BPKP Jatim Evaluasi Dukungan Ketahanan Pangan pada Pembangunan Bendungan BTS

Pembangunan Bendungan Bagong dan Tugu di Kabupaten Trenggalek serta Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk merupakan beberapa Proyek Strategis Nasional yang ada di Provinsi Jawa Timur, saat ini sedang dikerjakan Pemerintah dalam rangka mendukung RPJMN Tahun 2020 – 2024.Pembangunan ke 3 bendungan tersebutbertujuan untuk dijadikan infrastruktur penampungan air, meningkatkan efisiensi dan kinerja irigasi guna memperbaiki produksi pangan, penyediaan air baku dan pengendalian banjir, serta untuk pembangkit tenaga listrik.

Pada medio bulan September sampai Oktober 2021, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur telah menerjunkan tim auditor untuk melakukan evaluasi dukungan ketahanan pangan pada pembangunan Bendungan Bagong, Tugu, dan Semantok. Kegiatan pengawasan berupa evaluasi ini dilaksanakan pada satuan kerja BBWS Brantas, Bappeda, Dinas Pertanian dan Pangan, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kabupaten Trenggalek dan Nganjuk.

Kegiatan evaluasi dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kebijakan dan harmonisasi kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, mengidentifikasi keberadaan dan peran kelembagaan, mengidentifikasi permasalahan, dan memberikan rekomendasi strategis atas permasalahan terkait dukungan ketahanan pangan pada pembangunan Bendungan Bagong, Tugu, dan Semantok.

Dalam melaksanakan kegiatan evaluasi tersebut, Tim Auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur antara lain dengan meninjau langsung di lokasi pembangunan Bendungan Bagong, Tugu, dan Semantok.