Tingkatkan Kapabilitasnya, Inspektorat Kabupaten Malang Gandeng BPKP Jawa Timur

Dalam upaya meningkatkan maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi dan penilaiannya, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Inspektorat Kabupaten Malang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi.

Bimbingan teknis ini diselenggarakan di Ruang Aula Komplek Kantor Bupati Malang, Senin (13/9), dihadiri oleh Bupati Malang H. M. Sanusi dan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Alexander Rubi Satyoadi, serta diikuti secara langsung oleh para Kepala OPD dan Camat, secara daring.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Malang H. M. Sanusi mewanti-wanti agar Kepala OPD menjadi uswatun hasanah di lingkungan kerja masing-masing dan mengimplementasikan SPIP secara terintegrasi dengan baik. Menurut H. M. Sanusi pengimplementasian SPIP terintegrasi secara baik menjadi penting bukan hanya untuk mendapatkan penilaian maturitasnya yang baik dari BPKP, lebih dari itu adalah untuk lebih meningkatkan tata kelola pemerintahan di lingkungan OPD dan Pemerintah Kabupaten Malang.

Untuk itu H. M. Sanusi menyambut dengan baik seraya berterimakasih kepada BPKP Jawa Timur atas terselenggaranya bimbingan teknis ini.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi membenarkan pernyataan Bupati Malang H. M. Sanusi terkait dengan penyelenggaraan SPIP. Lebih jauh, Alexander Rubi mengaitkan penyelenggaraan SPIP dengan penilaian opini BPK-RI atas laporan keuangan pemerintah daerah, karena BPK-RI mengevaluasi penyelenggaraan SPIP dalam penilaian kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah.

Alexander Rubi mengingatkan bahwa tanggung jawab penyelenggaraan SPIP bukan diemban oleh Inspektorat, melainkan tanggung jawab Kepala Daerah dan semua Kepala OPD. Tanggung jawab Inspektorat lebih kepada memfasilitasi dan mendorong penyelenggaraan SPIP. Untuk itu kapabilitas Inspektorat diharapkan juga semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada Pemerintah Kabupaten Malang ini diselenggarakan dari tanggal 13 sampai dengan 17 September 2021.