Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN APIP SE-JAWA TIMUR
27 Januari 2016 15:52:20 / BPKPJatim_humas / dibaca: 765 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Dalam rangka mengawal percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, khususnya di wilayah Jawa Timur, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melakukan koordinasi dengan APIP se-Jawa Timur melalui  Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) yang dihadiri oleh 39 Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota. Rakorwasda tersebut mengusung tema “Reviu PBJ dan Penyerapan Anggaran oleh APIP Daerah”. Rakorwasda yang diselenggarakan pada Senin (25/1/2016) dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakorwasnas yang telah dilaksanakan di Kantor Pusat BPKP pada tanggal 19 Januari 2016.

Rakorwasda APIP dibuka Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Ketut Suadnyana Merada, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Presiden menginginkan adanya percepatan pembangunan dan penyerapan anggaran guna lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Seperti diketahui, dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo mendesak semua K/L/Pemda untuk lebih mempercepat pembangunan,” kata Ketut.

Untuk mendukung hal tersebut, Presiden telah menerbitkan Inpres No. 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dalam salah satu butirnya Presiden menginstruksikan agar para Gubernur/Bupati/Walikota meningkatkan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dalam rangka pengawasan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Percepatan Proyek Strategis Nasional di daerah terkait dengan pelaksanaan APBD dan percepatan pelaksanaan anggaran, untuk itu Ketut menghimbau agar para Inspektur dapat mendorong petapan APBD tepat waktu , APBD segera dilaksanakan, dan tidak menunda pekerjaan yang berakibat menumpuknya pekerjaan di akhir tahun. Ketut juga menghimbau agar seluruh Inspektorat untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya guna melaksanakan pengawasan sehingga dapat menjadi early warning system bagi pimpinan daerah. Dalam rangka peningkatan kapabilitas Inspektorat tersebut, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan juga penandatanganan komitmen peningkatan kapabilitas Inspektorat yang dilakukan secara simbolis oleh Inspektur Kabupaten Sidoarjo.

Rakorwasda dilanjutkan diskusi panel dengan narasumber Arif Ardiyanto, Kepala Bidang APD BPKP Jawa Timur, dan Noer Oemarijati, Kepala Bagian Perlengkapan Pemkot Surabaya. Arif Ardiyanto memaparkan materi tentang Reviu PBJ pra DIPA/DPA, yang dilanjutkan dengan sosialisasi dan demo aplikasi reviu PBJ pra DIPA. Sedangkan Noer Oemarijati memaparkan success story di Pemkot Surabaya terkait keberhasilan Pemkot Surabaya dalam percepatan pelaksanaan pembangunan dan penyerapan anggaran.

Usai pemaparan materi oleh narasumber, kepada para peserta Rakorwasda diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.



Share      

Berita Terkait:

14 Oktober 2016 16:49:15 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tingkatkan Kapabilitas, Inspektorat Kabupaten Banyuwangi Gandeng BPKP
19 Agustus 2016 07:45:33 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP TULARKAN PENGETAHUAN PENGAWASAN KEPADA INSPEKTORAT DPR