Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

MUSRENBANG JAWA TIMUR: PERCEPATAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR GUNA MENGHADAPI MEA 2015
16 April 2015 09:32:00 / BPKPJatim_humas / dibaca: 1673 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus menyiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlaku mulai akhir 2015. Salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2016 pada Selasa (14/4), di Ballroom Grand City, Surabaya. Musrenbang tahun ini difokuskan pada percepatan pembangunan bidang infrastuktur ekonomi, sosial dan administrasi.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Timur dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Menteri Keuangan, Bambang P.S. Brodjonegoro, Sekjen Kemendagri, Yuswandi A. Tumenggung, yang mewakili Menteri Dalam Negeri, Forum Pimpinan Daerah Jawa Timur, Bupati/Walikota seluruh Jawa Timur, para Kepala SKPD Provinsi Jawa Timur, para Rektor, LSM, BEM, para Kepala Bappeda se Jawa dan Bali. Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat diwakili oleh Staf Ahli, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas diwakili oleh Staf Khusus. Tampak hadir pula, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Hotman Napitupulu, para Pimpinan Instansi Vertikal di Jawa Timur, para ulama/tokoh masyarakat, dan pimpinan BUMN/BUMD.

Menurut Kepala Bappeda Jawa Timur sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Musrenbang, Fattah Jasin, tema yang diangkat dalam Musrenbang kali ini adalah "Percepatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Meningkatkan Daya Saing Dalam Rangka Menghadapi MEA Akhir 2015".

Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo menjelaskan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2016 memperteguh Jawa Timur siap untuk memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Akhir 2015. Pada MEA akhir 2015 nanti, Pemprov Jawa Timur terus memfokuskan pada percepatan pembangunan bidang infrastuktur ekonomi, sosial dan administrasi. Infratruktur dalam arti luas tidak hanya mengedepankan fisik, tapi juga dapat meningkatkan daya saing.

“Melalui Musrenbang ini, kami ingin mempertegas bahwa Jatim siap dan optimis dapat bertarung pada pasar bebas Asean. MEA membuka koridor baru yang harus dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jatim. Selain menjadi basis perdagangan, industri, investasi dan tenaga kerja ahli, Jatim juga terus membangun regulasi yang bisa memihak kepada kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

RPJMD Jawa Timur telah disusun dengan misi utama yang diselaraskan dengan RPJMN yang terkenal dengan Trisakti dan Nawacita. Misi utama yakni peningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri, berdaya saing, berbasis agrobisnis dan agroindustri.

Sekjen Kemendagri, Dr Ir Yuswandi yang juga hadir menjelaskan, Musrenbang mempunyai arti penting, karena seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap rencana program dan kegiatan pembangunan daerah yang disusun pemerintah daerah.

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro yang hadir di acara tersebut memberi apresiasi pada Jatim yang menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Jatim Tahun 2016. Apalagi, musrenbang ini melibatkan seluruh unsur yang ada.

Dalam Acara tersebut juga diberikan piala dan piagam penghargaan kepada daerah perencanaan terbaik dalam penyusunan RKPD tahun 2015 kepada empat Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.



Share      

Berita Terkait:

20 April 2017 12:36:08 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Internalisasi Road Map Reformasi Birokrasi BPKP Tahun 2015-2019
27 Januari 2015 11:54:04 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Jam Pimpinan dan Penandatanganan Pakta Integritas
04 Nopember 2014 16:21:49 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
PKS Pembangunan Zona Integritas di BPKP Jawa Timur
19 Juni 2014 09:24:18 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
BPKP Jawa Timur Menerima Sertifikat ISO 9001:2008
14 Mei 2014 17:10:06 / BPKPJatim_humas / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Manajemen Kinerja dan Sasaran Kerja Pegawai Sebagai Implementasi Reformasi Birokrasi