BPKP Jawa Timur Kawal Penyaluran Bantuan Bagi Korban Erupsi Gunung Kelud

Radio Suara Muslim Surabaya, FM 93,8, sebuah radio swasta tergerak untuk peduli terhadap korban bencana erupsi Gunung Kelud. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan mengumpulkan bantuan dari masyarakat. Selain itu, Radio Suara Muslim dalam salah satu acara talkshow-nya, yang disiarkan secara langsung pada Rabu (26/2) jam 07.00-0800 WIB, mengulas tentang Pengawasan Penyaluran Bantuan Bencana Kelud oleh Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP) dengan mengundang narasumber dari BPKP Jawa Timur. Wasis Prabowo, Kabid APD BPKP Jawa Timur, hadir sebagai narasumber mewakili Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur. Talkshow tersebut berlangsung interaktif dengan membuka line telepon dan SMS.

Sebelum menjawab pertanyaan pertama dari Penyiar, Wasis Prabowo menyampaikan BPKP turut berduka dan prihatin atas kejadian erupsi Gunung Kelud, serta berharap semoga saudara-saudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud diberikan kesabaran, keikhlasan, dan tetap tawakal dalam menerima bencana ini.

Terkait dengan penanganan pasca erupsi Gunung Kelud yang sedang dilakukan Pemprov Jawa Timur, Wasis Prabowo menyampaikan bahwa BPKP Jawa Timur mendapat amanah dari Pemprov Jawa Timur untuk melakukan pengawasan penyaluran bantuan bagi para korban erupsi Gunung Kelud. Hal tersebut sejalan dengan salah satu misi BPKP, sebagai Auditor Presiden, yaitu menyelenggarakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan Negarayangmendukungtatakepemerintahan yang baikdanbebasKKN. Wasis menjelaskan bahwa Pemprov Jawa Timur telah beberapa kali mengajak BPKP Jawa Timur untuk berkoordinasi terkait penanganan bantuan pasca erupsi Gunung Kelud, beserta pihak BPBN, BPBD Jawa Timur, Kejaksaan, TNI, Polri, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wasis mengingatkan ancaman hukuman mati bagi oknum yang melakukan korupsi atas bantuan bagi korban bencana alam. Wasis menjelaskan bahwa BPKP Jawa Timur akan secara langsung melakukan pengawasan (audit) saat bantuan diberikan kepada para korban erupsi Gunung Kelud, jadi tidak menunggu selesainya penyaluran bantuan, baik bantuan yang bersumber dari APBN, APBD, maupun dari masyarakat. BPKP Jawa Timur juga akan terus mendampingi tim dari Pemprov Jawa Timur. Menurut Wasis, catatan pengeluaran-pengeluaran dan penyaluran bantuan adalah sangat penting sebagai dasar bagi pelaksanaan audit.

Selain menjawab pertanyaan dari Penyiar, Wasis juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pendengar Radio Suara Muslim yang sedang menyimak siaran talkshow tersebut, baik pertanyaan dari pendengar yang langsung menelepon maupun pertanyaan melalui SMS.

Wasis Prabowo juga mengajak semua pihak untuk ber-synergy in harmony dalam penanganan erupsi Gunung Kelud, guna membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud.