Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur

RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN APIP SE-JAWA TIMUR
27 Januari 2016 15:52:20 / BPKPJatim_humas / dibaca: 92 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Dalam rangka mengawal percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, khususnya di wilayah Jawa Timur, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melakukan koordinasi dengan APIP se-Jawa Timur melalui  Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) yang dihadiri oleh 39 Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota. Rakorwasda tersebut mengusung tema “Reviu PBJ dan Penyerapan Anggaran oleh APIP Daerah”. Rakorwasda yang diselenggarakan pada Senin (25/1/2016) dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakorwasnas yang telah dilaksanakan di Kantor Pusat BPKP pada tanggal 19 Januari 2016.

RAPAT KERJA PEMDA PENGGUNA SIMDA KEUANGAN SE-JAWA TIMUR
15 Januari 2016 10:53:53 / BPKPJatim_humas / dibaca: 148 kali / Kat: Evaluasi

Dalam rangka untuk mendapatkan gambaran tentang kesiapan Pemda-pemda pengguna SIMDA Keuangan dalam menyusun LKPD tahun anggaran 2015 yang berbasis akrual, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Kesiapan Pemda Pengguna SIMDA Keuangan di Ruang Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, pada hari Kamis (14/1/2016).

Pelatihan Pengelolaan Dana Desa, IAI Jatim Gandeng BPKP Jatim
14 Januari 2016 12:02:08 / BPKPJatim_humas / dibaca: 199 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Dalam rangka peningkatan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa, pada hari Selasa (12/1/2016), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur berkoordinasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.


Arsip Berita
Selamat Datang


Peran BPKP sebagai internal auditor menekankan fokus kinerja pada tiga hal besar, yaitu good governance, risk management, dan internal control. BPKP sudah mengembangkan konsep tata kelola yang baik (good governance), dan sejauh ini telah disosialisasikan dan diimplementasikan di berbagai lembaga pemerintahan. BPKP telah mengembangkan konsep manajemen risiko (risk management), termasuk melakukan sosialisasi melalui workshop dan media lainnya, serta membantu implementasi manajemen risiko di beberapa BUMN. BPKP juga selalu concern dan peduli pada pentingnya pengendalian internal di berbagai kegiatan, BPKP telah secara intens mengembangkan konsep pengendalian internal dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga BPKP memperoleh amanah sebagai lembaga yang berwenang memeriksa dan mengevaluasi kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pendekatan yang dilakukan BPKP diarahkan lebih bersifat preventif atau pembinaan dan tidak sepenuhnya audit atau represif. Kegiatan sosialisasi, asistensi atau pendampingan, dan evaluasi merupakan kegiatan yang mulai digeluti BPKP. Sedangkan audit investigatif dilakukan dalam membantu aparat penegak hukum untuk menghitung kerugian keuangan negara.

Karena itu seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur merapatkan barisan, berjiwa solidaritas, pantang menyerah, bekerja untuk organisasi bukan semata-mata kepentingan pribadi, berinovasi, berkarya sehingga organisasi BPKP c.q. Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur dapat mewujudkan harapan stakeholder untuk menuju Clean Government dan Good Governance di setiap lini pemerintahan yang merupakan amanah dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP.

Sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik tersebut, kami susun dan sampaikan profil ini dengan harapan dapat membantu para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk lebih mengenal peran dan kompetensi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.

Kepala Perwakilan,



Ketut Suadnyana Merada