Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Kota Surakarta Berhasil Raih Opini WTP
21 Nopember 2011 17:55:07 / jateng / dibaca: 4484 kali / Kat: Evaluasi

Sudah diduga sebelumnya, Pemerintah Kota Surakarta juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penilaian opini terbaik itu diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setelah melakukan audit atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kota Surakarta Tahun 2010.
 

Pencapaian ini tentu saja memberikan kebanggaan tersendiri bagi jajaran Pemerintah Kota Surakarta, pasalnya sampai saat ini di Jawa Tengah baru Kabupaten Jepara dan Kota Surakarta yang laporan keuangannya memperoleh opini tertinggi dari BPK dengan predikat WTP.

Seperti kita ketahui ada empat opini yang diberikan BPK, yakni, wajar tanpa pengecualian (WTP = unqualified opinion), wajar dengan pengecualian (WDP = qualified opinion), menolak memberikan opini (disclaimer), dan tidak wajar (adverse opnion). Opini tersebut diberikan kepada laporan keuangan secara utuh yang terdiri atas neraca, laporan rugi/laba (laporan realisasi anggaran), laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Opini WTP merupakan penilaian tertinggi yang diberikan karena menunjukkan bahwa laporan keuangan tersebut telah disajikan secara wajar, tidak terdapat kesalahan yang material, dan sesuai standar. Sehingga dapat diandalkan pengguna dengan tidak akan mengalami kesalahan dalam proses pengambilan keputusan.

Opini WDP berarti laporan keuangan masih wajar, tidak terdapat kesalahan yang material, sesuai dengan standar, namun masih terdapat catatan yang perlu diperhatikan.

Opini disclaimer berarti, terhadap laporan keuangan tersebut terdapat suatu nilai yang secara material (signifikan) tidak dapat diyakini auditor. Kondisi itu dipicu adanya suatu pembatasan ruang lingkup pemeriksaan yang dilakukan manajemen serta sistem pengendalian intern yang lemah. Sehingga auditor tidak mendapatkan keyakinan mengenai substansi laporan keuangan tersebut.

Sedangkan adverse opinion menunjukkan bahwa laporan keuangan sangat buruk dan secara material benar-benar tidak dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan.

Walikota Surakarta Joko Widodo mengaku, pencapaian laporan keuangan pemerintahannya menuju WTP ini tidak dengan mudah diraih. Capaian ini telah lama diperjuangkan seluruh jajarannya. Bahkan beberapa pihak dia ajak bekerjasama untuk turut membangun kota Surakarta. Seperti yang disampaikan dalam surat testimoninya yang ditujukan kepada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah ketika merayakan ulang tahunnya ke-28.

“BPKP telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta membangun komitmen dalam pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan kompetensi SDM dan Alhamdulillah Laporan Keuangan Pemerintah Kota Surakarta untuk Tahun 2010 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI),” tulis Joko Widodo.

Diharapkan Joko Widodo, kerjasama yang telah terbangun antara Pemkot Surakarta dengan BPKP dapat terus berlanjut serta ditingkatkan, dan BPKP dapat memberikan partisipasi untuk memacu program pengembangan Kota Surakarta kearah yang lebih baik. (Humas BPKP Jateng – Hart)



Share      

Berita Terkait:

22 Nopember 2011 08:00:33 / jateng / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Semua Daerah Wajib Melaporkan Perkembangan Pemberantasan Korupsi
22 Nopember 2011 07:53:00 / jateng / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Lomba Pengelolaan Asset Upaya Karanganyar Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan
22 Nopember 2011 07:50:16 / jateng / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Pengawasan Harus Bantu Tingkatkan Kinerja Organisasi
22 Nopember 2011 07:45:48 / jateng / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Jateng Tawarkan Strategi Tingkatkan Opini LKPD
05 Juli 2011 05:37:18 / jateng / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Perwakilan BPKP Jateng Jajaki Kemungkinan Pemda Raih Opini WTP


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Target & Realisasi ProKeg

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH
 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT