Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Pemkot Semarang Gandeng BPKP Gelar Diklat BMD
05 Juli 2011 05:25:28 / jateng / dibaca: 2629 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Walikota Semarang diwakili Inspektur Kota Semarang Cahyo Bintarum, Selasa (7/6), membuka Diklat Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Diklat pola kemitraan antara Pemkot Semarang dengan Pusdiklatwas BPKP dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah itu digelar di Hotel Gracia Semarang.
 

Dalam sambutannya Cahyo mengatakan, diklat teknis pengelolaan BMD pola kemitraan antara Pemkot Semarang dengan Pusdiklatwas BPKP dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah bertujuan meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan tentang pengelolaan barang daerah bagi para pejabat dan staf pengelola barang daerah SKPD di lingkungan Pemkot Semarang.

Menurut Cahyo, pengelolaan BMD bukan persoalan yang mudah. Para pengelola barang harus memiliki pengetahuan tata cara sistem pengelolaan BMD, sehingga pengelolaan dan penatausahaannya dapat dilakukan secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan. “Pengelola BMD harus bisa bekerja secara profesional, bekerja efektif, efisien, tidak diskriminatif, akuntabel dan prosedural sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pesannya.

Cahyo mengakui terkait dengan otonomi daerah, permasalahan yang kerap dihadapi dalam perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi, ketidaksiapan aparatur birokrasi dan keterbatasan kualitas sumber daya aparatur menjadi kendala utama mencapai penerapan desentraisasi dan otonomi daerah. Padahal, imbuh Cahyo, kini aparatur negara dituntut bersikap profesional, mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, serta memiliki akuntabilitas publik menuju pemerintahan yang bersih dan baik.

“Untuk itu, diklat pengelolaan barang ini dinilai sangat penting dilaksanakan,” ujar Cahyo dihadapan para peserta diklat.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis (P3KT) Pusdiklatwas BPKP Firmanuddin pada kesempatan yang sama mengatakan, dalam skala apa pun tujuan organisasi, kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas setiap aparat pemerintah menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Karena itu, upaya meningkatkan pelayanan publik, tuntutan memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas serta fungsi satuan kerja masing-masing semakin mendesak dan penting untuk terus dilakukan.

BPKP, seperti dijelaskan Firman, sangat apresiasi kepada setiap upaya-upaya pemerintah daerah yang memiliki kepedulian melakukan perbaikan kualitas profesionalisme aparaturnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Disamping itu, masih lanjut Firman, BPKP juga ikut berbangga dilibatkan dalam penyelenggaraan diklat yang dilaksanakan Pemkot Semarang. Pasalnya sesuai perannya BPKP memiliki semboyan 4C, yakni, BPKP sebagai Capacity Building, Current Issues, Clearing House, dan Check and Balance. “Dan, diklat ini sebagai bagian dari Capasity Building, yaitu BPKP turut membangun, mengembangkan kualitas sumber daya manusia di jajaran Pemkot Semarang.” terang Firman.

Lebih lanjut Firman mengingatkan, seluruh peserta diklat agar serius menyimak emua materi yang diberikan. Karena, menurut Firman, keberhasilan terselenggaranya diklat tidak hanya dinilai dari modul-modul yang ada, pengajar yang handal, maupun penyelenggara yang baik, tetapi bagaimana setiap peserta diklat mampu memahami setiap materi yang disampaikan yang kemudian diimplementasikan dalam tugas-tugas sebagai aparat pemerintah. (Humas BPKP Jateng, Tom/Hart)



Share      

Berita Terkait:

03 Juli 2013 09:33:48 / jateng / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Workshop Forensik Komputer di Perwakilan BPKP Jawa Tengah
29 Oktober 2012 15:16:06 / jateng / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Segera Implementasikan Hasil Diklat ke Inspektorat
23 Oktober 2012 08:59:24 / jateng / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat SPIP di BPKP Jateng
23 Oktober 2012 08:56:35 / jateng / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peran Inspektorat sangat penting sebagai motor penggerak SPIP disamping komitmen pimpinan
29 Juni 2012 06:30:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pejabat Fungsional Auditor adalah Profesional (Penutupan Diklat Auditor Muda di Pwk Prov Jateng)


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Target & Realisasi ProKeg

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH
 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT