APEL PAGI TINGKATKAN DISIPLIN PEGAWAI

Semarang (13/9) - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah rutin melaksanakan kegiatan apel setiap hari Senin pagi, bertempat di Ruang library cafe lantai dua.

Kepala Perwakilan Raden Suhartono dalam arahannya menyampaikan, terkait perkembangan virus covid-19 per hari ini masih tinggi secara nasional. Virus covid-19 belum berakhir dan masih berada di sekeliling kita, serta tidak tau sampai kapan virus ini akan berakhir.

Raden mengharapkan kepada seluruh pegawai untuk terus menjaga protokoler kesehatan dengan tetap memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun, serta tetap menjaga jarak aman. Kita terus berupaya untuk melakukan pencegahan dengan tetap melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja secara rutin seminggu dua kali.

Raden menegaskan untuk Tahun Anggaran 2021 tinggal beberapa bulan lagi, artinya kita dituntut untuk menyelesaikan kinerja dengan baik sesuai terget waktu yang telah ditentukan, dan sesuai dengan Program Kerja Pengawasan Tahunan.

Raden menambahkan bahwa beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU antara BPK dan BPKP. Dalam MoU tersebut setidaknya ada lima poin penting yang bisa diambil antara lain pertama adanya pertukaran informasi antara BPK dan BPKP sehingga kegiatan interen dapat berjalan efektif. Kedua adanya Join Audit. Ketiga ada peningkatan pengawasan internal oleh BPKP dalam rangka mendorong audit BPK. Keempat Sinergi antara BPK dan BPKP dalam rangka pemenuhan permintaan PKN yang dilakukan oleh APH. Kelima kemungkinan adanya peningkatan kompetensi auditor melalui diklat pengawasan yang dilakukan oleh BPK maupun BPKP.

Apel pagi dilaksanakan secara offline maupun secara online. Bagi para pegawai yang sedang Work From Office mengikuti kegiatan apel pagi secara zoom dari ruang kerja masing-masing, dan bagi pegawai yang sedang Work From Home  juga mengikuti apel pagi dari kediaman masing-masing dengan tetap memakai baju putih dan untuk pegawai laki-laki memakai peci hitam.

Diawali dengan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta Apel, dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina apel pagi yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Raden Suhartono. Pembacaan Teks Pancasila oleh pembina apel, dan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Panca Prasetya Korpri oleh petugas.

(Kominfo BPKP Jateng/Din)