TINGKATKAN KOMPETENSI MELALUI LIBRARY CAFE

Sharing session library cafe dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Wasis Prabowo ditandai dengan pemukulan Gong bersama-sama dengan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP Bonardu Hutahuruk. Turut hadir Kepala Bidang beserta Auditor dari Puslitbang BPKP, para Pejabat Struktural Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah , para Koordinator Pengawasan, dan para Pejabat Fungsional Auditor.

Dalam kesempatan tersebut, Wasis menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, arahan dan bimbingannya kepada para pegawai sangat diharapkan sehingga bisa diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari sesuai tupoksi masing-masing.

Wasis menambahkan dengan hadirnya Library Cafe di Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah harapannya bisa sebagai sarana untuk menuangkan tacid knowledge yang dimiliki para pegawai. Kelemahan kita sebagai pegawai adalah pada faktorleadership. Faktor leadership tersebut sangat mempengaruhi dalam keberhasilan pelaksanaan tugas di kantor, papar Wasis.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP Bonardo Hutahuruk menyampaikan ucapan selamat kepada Perwakilan BPKP Jateng atas tayang perdana library cafe. Tuntutan pentingnya library cafe yaitu menangkap tacid knowledge dari semua pegawai BPKP. Tacid knowledge didapatkan dariluar pedoman/buku ilmiah, atau berdasarkan pengalaman kerja di lapangan. Ilmu tacid knowledge dimulai  dari perbincangan dengan praktisi di bidangnya. Dikenal pula adanya kecerdasan jalanan. Kecerdasan jalanan diperoleh bukan karena memiliki power melainkan tanggung jawab terhadap suatu tugas Negara, paparnya.

Lebih lanjut Bonardo menyampaikan bahwa dalam dunia keilmuan, ada yang dinamakan duta Knowledge Managemen System. Duta KMS ini diharapkan sebagai brokeryangdapat menghubungkan praktisi dengan ilmuwan. Perbincangan dalam library cafeinilah yang dibutuhkan dalam hal kepraktisan untuk menuntaskan masalah yang terkait penugasan di kantor. Praktisi inidiharapkan dapat mengisi acara di library cafe  dengan sharing knowledge terkait penugasan-penugasan dalam lapangan sesuai pengalaman mereka masing-masing.

Manfaat dari library cafesalah satunya adalah meningkatkan kompetensi. Sejauh mana kompetensi itu terekam dan terukur, bagaimana masalah teknis di lapangan  dapat dipecahkan serta manfaatnya bagi organisasi. Kompetensi meningkat bukan sekedar ilmunya namun menipisnya komunikasi antara atasan dan bawahan dalam berkoordinasi dalam dunia kerja.

Library cafe juga digunakan sebagai ajang sharing session oleh para pegawai, baik yang mengikuti secara virtual melalui zoom meeting maupun yang hadir langsung secara live dari ruang library cafe lantai satu. Selain sharing session dalam kesempatan tersebut para peserta juga dihibur oleh penampilan Group Band PW11 Perwakilan BPKP Jateng. Acara  diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah kepada Kapuslitbang BPKP serta sesi foto bersama.

(Kominfo BPKP Jateng Sn/Ap/Din)