Tingkatkan Kompetensi, BPKP Jateng Gelar Diklat Audit Investigatif.

Diklat Audit Investigatif dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 25 s.d 29 November 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 37 peserta yaitu dari Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Inspektorat Daerah Provinsi Papua, dan Inspektorat Daerah Provinsi Sumatra Utara. Hadir mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yaitu Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi - 1 Purwo Utomo. Turut hadir  Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi-2 Panut, Kasubdit Investigasi  Pengelolaan dan Pengembangan Informasi Pengawasan Pusdiklatwas BPKP Muhamad Risbiantoro, Pejabat Struktural Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Ketua Penyelenggara Diklat beserta para Narasumber dari Pusdiklatwas BPKP dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Purwo menyampaikan bahwa Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menjelaskan bahwa Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Purwo berharap kepada peserta untuk mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh, dan tanyakan pada narasumber apabila ada yang kurang jelas, dapatkan ilmunya, sehingga untuk bekal dalam melaksanakan audit di wilayah kerja masing-masing. Setelah mengikuti diklat ini diharapkan peserta  segera mengimplementasikan  ilmunya kepada yang lain dan melaporkan kepada pimpinan instansi masing-masing sehingga ilmu dapat tersampaikan dengan baik, papar Purwo.

Diklat diawali dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian Suharyanto dan setelah resmi dibuka dilakukan penyematan tanda peserta diklat secara simbolis, yang diwakili oleh Sumargono dari Inspektorat Kota Semarang dan Mujaidiawati dari Labuhan Ratu. Diakhir sesi para peserta melakukan foto bersama dengan para Pejabat dan para Narasumber

 (Tim Humas BPKP Jateng Din)