Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

DENGAN GRC YANG BAIK, ORGANISASI TIDAK AKAN MENGALAMI SURPRISE
22 Agustus 2019 19:09:02 / jateng / dibaca: 394 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Semarang (22/8) – Bertempat di Aula Amarta Gedung Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, telah dilaksanakan Sharing Session dengan BUMN, BUMD dan BLUD se-Jawa Tengah mengenai Governance, Risk, and Control (GRC) bersama Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Salamat Simanullang, para direksi, serta SPI di lingkungan BUMN, BUMD, dan beserta RSUD-BLUD di Wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Acara diawali dengan persembahan gendhing-gendhing jawa oleh BPKP Laras, dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Salamat Simanullang yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran peserta sharing session pada hari ini dan diharapkan melalui acara ini, seluruh peserta dapat memahami bahwa implementasi GRC pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan.

Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto menyampaikan, hasil kinerja PDAM dan BLUD dibandingkan dengan target RPJMN 2015-2019. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian 3 hal yang selalu berkaitan dan saling melengkapi, yaitu tata kelola (governance), risiko (risk), dan pengendalian (control). Dengan GRC yang baik, maka organisasi tidak akan mengalami “surprise” yang dapat mengganggu tujuan organisasi.

Bonny menegaskan bahwa dalam pengelolaan corporate governance terdapat 5 prinsip yang dikenal sebagai “TARIF” yaitu Transparent, Accountable, Responsible, Independent, dan Fairness, serta 4 sistem yaitu rules, structures, process, dan practicesBad Corporate Governance, dapat menimbulkan fraud/corruption, low performance, bad reputation, bankrupt, & mismanagement. Memang penerapan Good Corporate Governance masih banyak tantangannya, baik dari stakeholder maupun dari direksi sendiri .

Bonny menambahkan bahwa risiko adalah peristiwa yang berdampak negatif yang dapat menghambat pencapaian tujuan atau menurunkan nilai aset (COSO:2004). Manajemen risiko dapat dilakukan melalui pendekatan Enterprise Risk Management (ERM dengan berbagai potensi peristiwa risiko korporasi baik dari Risiko Sumber Daya Manusia hingga risiko Dampak Lingkungan. Risiko tersebut dapat digambarkan dalam sebuah peta risiko berdasarkan tingkat dampak dan keterjadiannya. Penanganan risiko-risiko organisasi dapat dilakukan dengan menghindari risiko, memindahkan risiko (contingency plan), menerima risiko/tidak perlu penanganan khusus, dan menangani dengan pengendalian melalui SOP. Pemilihan keempat alternatif penanganan/mitigasi risiko tersebut, tergantung selera risiko (risk appetitedari masing-masing manajemen (risk taker/risk avoiderdalam pengambilan keputusan.

Diakhir sesi Bonny menyampaikan terkait dengan sistem pengendalian internal, Three lines of defense diharapkan dapat diterapkan sebagai culture. Berawal membentuk built in control atau pengawasan by system, sehingga SPI dapat bekerja secara otomatis untuk melakukan fungsi pengawasan, kemudian ditingkatkan sehingga tercipta Internal control culture, papar Bonny.

(Tim Humas BPKP Jateng Arn/Din)



Share      

Berita Terkait:

28 Agustus 2019 11:19:27 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER BPKP JATENG LANTIK PEJABAT AUDITOR MADYA
08 Agustus 2019 17:48:08 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KABUPATEN TEGAL SIAP IMPLEMENTASI SIMDA E-GOV TERINTEGRASI
08 Agustus 2019 13:56:29 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG SELENGGARAKAN SOSIALISASI PENILAIAN RISIKO KECURANGAN
19 Juli 2019 16:51:14 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAPER BPKP JATENG LANTIK 3 AUDITOR MADYA
18 Juli 2019 20:38:35 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
INTEGRITAS DAN PROFESIONAL KUNCI PENINGKATAN KUALITAS TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
DOKUMEN SAKIP
Level Kapabilitas APIP
Rencana Strategis
L A K I P
Level Maturitas SPIP
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT