Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Ganjar Pranowo Kukuhkan Salamat Simanullang sebagai Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah
18 Juni 2019 13:37:53 / jateng / dibaca: 289 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara resmi telah mengukuhkan Salamat Simanullang sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Acara serah terima jabatan (sertijab) dan pengukuhan dilakukan di gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (17/6). Salamat Simanullang menggantikan pejabat lama, Samono, yang mengemban tugas baru sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta

Selain memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru, Ganjar Pranowo menekankan perlunya peran BPKP Jawa Tengah untuk melakukan pendampingan kepada jajaran pemerintah daerah di Jawa Tengah dalam mengelola keuangan, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan. Dari 36 Pemda se-Jawa Tengah yang telah menyusun laporan keuangan tahun 2018, 35 diantaranya telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. “Tinggal satu Pemda lagi yang belum. Saya minta BPKP untuk mendampingi secara khusus,” demikian ungkap Ganjar. Ia juga mengharapkan agar Pemda ikut mendorong diterapkannya Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara baik.

Acara sertijab dihadiri pula oleh Kepala BPKP yang diwakili Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Kepala BPKP antara lain menyatakan, pemerintah memiliki komitmen yang tinggi terhadap penyelenggaraan pembangunan secara berkualitas dan akuntabel berlandaskan dua pilar akuntabilitas, yakni peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Pemerintah menargetkan kedua hal tersebut mencapai level tiga pada akhir tahun 2019. “Di Jawa Tengah, terdapat 25 Pemda yang maturitas SPIP-nya sudah mencapai level tiga. Hal itu menunjukkan sudah terbangunnya infrastruktur pengendalian dan implementasinya, serta terdokumentasi dengan baik,” kata Bonny.

Bonny menambahkan, selain melalui SPIP, akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan juga dibangun melalui pelaksanaan peran pengawasan intern yang optimal oleh APIP. “APIP diharapkan dapat menjadi mitra bagi pengambil kebijakan dalam mengidentifikasi risiko strategis dan menyusun langkah untuk memitigasi risiko tersebut,” imbuh Bonny.

Turut hadir dalam acara sertijab, Ketua DPRD Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kepala Perwakilan BPK RI, Bupati/Walikota dan para Pimpinan Instansi Vertikal/Lembaga Pemerintah di wilayah Jawa Tengah, serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan jajaran Forkompinda Jawa Tengah. Acara sertijab diakhiri dengan pemberian ucapan selamat. (Humas BPKP Jateng-Ard/Din)                    

 



Share      

Berita Terkait:

16 Juli 2019 16:20:29 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
IAI JAWA TENGAH SELENGGARAKAN SEMINAR AUDIT KINERJA SEKTOR PUBLIK
13 Pebruari 2019 12:00:17 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KOMITMEN RENDAH HAMBAT BIROKRASI
04 Desember 2018 13:05:09 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENGELOLAAN DANA DESA HARUS ADA KETERBUKAAN PUBLIK
15 Nopember 2018 12:32:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP - LKPP SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN PBJ PEMERINTAH
28 Oktober 2018 08:36:11 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SOSIALISASIKAN MANAJEMEN RISIKO, KODAM IV DIPONEGORO GANDENG BPKP


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
DOKUMEN SAKIP
Level Kapabilitas APIP
Rencana Strategis
L A K I P
Level Maturitas SPIP
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT