Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

MASYARAKAT BERPERAN SEBAGAI SUBYEK DAN PENGAWAS PEMBANGUNAN
20 Pebruari 2019 11:40:28 / jateng / dibaca: 75 kali / Kat: Siskeudes

Pemkab Demak telah melakukan e-planing dan e-budgeting, dimana seluruh proses keuangan di tingkat desa telah menggunakan Aplikasi Siskeudes, mulai dari perencanaan hingga pada pertanggungjawaban, sehingga peran masyarakat dapat dilibatkan sebagi subyek dan pengawas pembangunan.Hal ini diungkapkan oleh Bupati Demak melalui Asisten I Ahmad Wahyudi saat membauka Workshop Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes versi 2.0, yang Partisipatif, Transparan, Dan Akuntabel, bertempat di Pendopo Kabupaten Demak, Selasa (19/2).

Lebih lanjut Natsir melalui Asisten I menegaskan bahwa sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan pemerintah desa dituntut untuk selalu tanggap dan proaktif dalam menangani berbagai hal yang terjadi di masyarakat, karena tugas dan tanggung jawab yang di emban sangat besar dalam rangka mensukseskan pembangunan di tingkat desa. Sebagai aparatur desa dituntut untuk bisa menguasai administrasi dengan sebaik mungkin, dalam artian tertib, administrasi, tertib hukum dan tepat waktu.

Dijelaskan pula oleh Natsir bahwa dengan berkembangnya desa maka masyarakat dapat menikmati hasilnya secara merata dan dapat meningkatkan kesjahteraan masyarakat. Dengan berlakunya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, maka diharapkan Pemerintah Desa dapat lebih profesional, efektif, terbuka dan lebih bertanggung jawab. Aplikasi Siskeudes ini adalah mengakomodir seluruh regulasi tentang keuangan desa. Harapannya administarasi keuangan desa ini dapat digunakan sesuai peruntukannya dengan benar.

Di  akhir sambutan Natsir berpesan kepada para aparat desa untuk melakukan perencanaan dan melaksanakan kegiatan secara matang serta melaukukan kontrol pelaksanaannya, semua kegiatan harus tercatat dan terdokumentasi, sehingga tertib administrasi bisa terwujud. Dana desa merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan, maka diharapkan untuk lebih berhati-hati dan memahami dalam menjalankannya. Bagi para kepala desa agar mampu membangun hubungan yang harmononis dengan masyarakat.

Di lain pihak anggota Komisi XI  DPR RI Fathan Subchi menegaskan bahwa dana desa yang bersumber dari APBN dan yang sudah dialokasikan ke Pemerintah Desa, sepenuhnya digunakan untuk pembangunan desa serta kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa, sesuai dengan program Nawa Cita Presiden yaitu membangun Indonesia dari daerah pinggiran. DPR bersama dengan BPKP siap untuk melakukan pengawalan dan pendampingan yang bersifat prefentif, sehingga dana desa dapat dikelola dengan benar dan terhindar dari berbagai penyimpangan dan kecurangan yng timbul, yang semuanya nanti akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa. 

Kepala Perwakilan BPKP Jateng Samono menegaskan bahwa dana desa yang sudah dialokasikan harus dikelola dengan benar sehingga akan menghasilkan laporan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel. Jikalau tidak mau dan tidak suka berurusan dengan Aparat Penegak Hukum, maka tingkatkan pengetahuan SDM dengan mengikuti bimtek maupun workshop pengelolaan keuangan desa agar pemahaman terkait dengan Aplikasi Siskeudes benar-benar dikuasai dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai permasalahan maupun penyimpangan,.

Berperan sebagai Narasumber yaitu Anggota Komisi XI  DPR RI Fathan Subchi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono,  Kepala Sub Auditorat Jawa Tengah I BPK RI Provinsi Jawa Tengah Bagus Kurniawan, dan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Gunawan, serta dihadiri oleh Asisten Bupati, Pejabat Struktural BPKP Jateng, Forkompida, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD,  para camat se-Kabupaten Demak dan para kepala desa se-Kabupaten Demak.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)

 

 

 

 

 



Share      

Berita Terkait:

20 Pebruari 2019 11:21:57 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
DPR KOMITMEN KAWAL DANA DESA
03 Pebruari 2019 13:09:03 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
PENGELOLAAN KEUAANGAN DESA MERUPAKAN KUNCI PERTUMBUHAN EKONOMI DESA
18 Januari 2019 08:54:04 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
KABUPATEN GROBOGAN IMPLEMENTASIKAN SISKEUDES
18 Januari 2019 07:32:33 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
PARA KADES DI KABUPATEN PATI IKUTI BIMTEK APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
DOKUMEN SAKIP
Level Kapabilitas APIP
Rencana Strategis
L A K I P
Level Maturitas SPIP
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT