Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

DPR KOMITMEN KAWAL DANA DESA
20 Pebruari 2019 11:21:57 / jateng / dibaca: 401 kali / Kat: Siskeudes

Jepara (18/2) DPR komitmen kawal dana desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah untuk pembangunan desa. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Fathan Subchi dalam acara Workshop Tata Keola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes yang Partisipatif, Transparan, Dan Akuntabel, bertempat di Pendopo Kabupaten Jepara.

Berperan sebagai Narasumber lain yaitu Direktur BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Adi Gemawan,  Kepala Sub Auditorat Jawa Tengah I BPK RI Provinsi Jawa Tengah Bagus Kurniawan, dan Kasubdit Binpolmas Polda Jateng AKBP Bambang Purwadi, serta dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono, Asisten I Sekda Abdul Sukur, Pejabat Struktural BPKP Jateng, Forkompida, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD,  para camat se-Kabupaten Jepara dan para kepala desa se-Kabupaten Jepara.

Lebih lanjut Fathan menegaskan bahwa DPR sangat mengapresiasi BPKP yang telah mengembangkan Aplikasi Siskeudes, sehingga  memudahkan bagi para perangkat desa untuk melakukan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, sehingga meminimalisir risiko,  dengan demikian segala bentuk kecurangan dan kesalahan akan dapat ditekan, terang Fathan.

Fathan menambahkan bahwa dana desa yang sudah dialokasikan oleh pemerintah yang begitu besar jumlahnya tersebut, sepenuhnya digunakan untuk pembangunan desa sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa, sesuai Nawacita Presiden yaitu membangun Indonesia dari desa/daerah pinggiran. DPR sangat care dengan dana desa tersebut,  sehingga akan melakukan pengawalan dengan baik. Satgas dana desa yang sudah terbentuk diharapkan turut mengawal dan mendampingi secara preventif pengelolaan keuangan desa kepada para Pemerintah Desa.

Di tempat yang sama bupati melalui asisten I Abdul Sukur sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan Workshop Siskeudes ini, karena sebagai upaya dalam mewujudkan transparansi pada pemerintahan desa. Selain transparansi bahwa workshop ini diharapkan akan menambah wawasan dan pemahaman bagi para kepala desa dalam melakukan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel sehingga menjadikan motifasi tersendiri untuk membangun Jepara lebih maju dan lebih baik.

Bupati menjelaskan bahwa pengelolaan keuangan desa menjadi perhatian penting bagi pemerintah desa serta para perangkat desa, mengingat dana desa yang dikucurkan ke desa jumlahny sangat besar dan terus meningkat setiap tahun. Siskeudes yang telah dikembangkan oleh BPKP bersama Kemendagri ini dimaksudkan sebagai alat bantu dalam pengelolaan keuangan desa, selain itu juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Jepara dalam mendukung secara nyata adanya pengelolaan keuangan desa. Pada dasarnya seluruh desa di Kabupaten Jepara yang berjumlah 184 desa semuanya telah mengimplementasikan Siskeudes.

Di lain pihak Direktur BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah 1 Adi Gemawan menegaskan bahwa Siskeudes ini bukan semata mata aplikasi yang dibuat oleh BPKP tetapi bersama-sama dengan Kemendagri. Seiring dengan perkembangan maka Siskeudes saat ini dikembangkan menjadi Siskeudes versi 2.0.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

17 Oktober 2019 16:14:33 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
251 DESA DI KABUPATEN WONOGIRI SUDAH IMPLEMENTASIKAN SISKEUDES
16 Oktober 2019 06:09:06 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
KABUPATEN BOYOLALI KOMITMEN WUJUDKAN PENGELOLAAN KEUANGAAN DESA YANG TRANSPARAN
27 September 2019 08:13:25 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
KABUPATEN SRAGEN SIAP IMPLEMENTASIKAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0
26 September 2019 15:44:06 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
DESA MERUPAKAN UJUNG TOMBAK PEMBANGUNAN
30 Agustus 2019 21:04:33 / jateng / dibaca: kali / Kat: Siskeudes
BPKP JATENG SELENGGARAKAN WORKSHOP HASIL PILOTING APLIKASI SISWASKEUDES


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
DOKUMEN SAKIP
Level Kapabilitas APIP
Rencana Strategis
L A K I P
Level Maturitas SPIP
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT