PARA KADES DI KABUPATEN PATI IKUTI BIMTEK APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0

Workshop dibuka resmi oleh Bupati Pati Haryanto dan sebagai  Narasumber adalah Anggota Komisi XI  DPR RI Donny Imam Priambodo, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jawa Tengah AKBP Budi Utomo, Direktur BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Adi Gemawan, Kepala Sub Auditor Jateng 2 Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah  Ahmad Adib Susilo, serta dihadiri oleh, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono, Sekda Kabupaten Pati Suharyono, Pejabat Struktural BPKP Jateng, Forkompida, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para Kepala OPD,  para Camat  se-Kabupaten Pati, dan para Kepala Desa se-Kabupaten Pati.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada  BPKP beserta para narasumber yang telah bekerjasama dengan DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Pati,  atas terselenggaranya Workshop Siskeudes  ini dengan baik. Hal ini merupakan bentuk penghormatan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Pati, karena semenjak Sistem Keuangan Desa /Siskeudes ini digulirkan, Pemerintah Kabupaten Pati sangat berkomitmen untuk melaksanakannya sejak Tahun 2016, karena pada prinsipnya Aplikasi Siskeudes ini tidak terlalu susah dan tidak terlalu rumit untuk dilaksanakan.

Lebih lanjut Bupati menegaskan bahwa workshop ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Pati, yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Tahun 2018, ini adalah merupakan sosialisasi evaluasi dan sekaligus untuk memberikan pemahaman dan pencerahan yang sangat bagus tentang Aplikasi Siskeudes bagi para kepala desa yang telah melaksanakannya. Dengan adanya penataan pengelolaan keuangan desa yang telah dilaksanakan dengan baik, maka tidak akan terjadi penyimpangan dikemudian hari, karena semakin hari dituntut selalu adanya transparansi/keterbukaan dalam hal Laporan Keuangan, yang bisa dipertanggungjawabkan secara akurat dan akuntabel, sehingga tidak hanya bisa melaksanakan programnya saja, tapi juga dalam rangka pertanggungjawaban laporan keuangannya, papar bupati.

Dijelaskan pula oleh bupati bahwa, dengan kemauan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Pati untuk menggunakan Aplikasi Siskeudes yang telah diciptakan oleh BPKP ini,  maka Tahun 2017 dari 401 desa semuanya telah menggunakan  Aplikasi Siskeudes dengan baik, dan Kabupaten Pati termasuk salah satu diantara 13 kabupaten/kota di Indonesia yang diundang oleh Presiden untuk sosialisasi Aplikasi Siskeudes di Jakarta. Harapan bupati pada para kepala desa, melalui kegiatn Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes ini diharapkan sangat membantu kinerja para aparat desa dalam mengelola keuangan desa, sehingga semua akan berjalan dengan baik

Anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priyambodo,  menyampaikan bahwa sekarang ini adalah jamannya Era Industri 4.0, artinya kita dituntut untuk serba cepat dalam mengikuti arus perkembangan. Desa adalah sebagai motor penggerak negara seperti mempercepat perekonomian desa dan pengentasan kemiskinan, untuk itu dana desa disahkan agar pembangunan desa dapat segera terlaksana dengan cepat. DPR  menyadari betul bahwa untuk merealisasikan itu , perlu adanya peningkatkan Sumber Daya Manusia/SDM di desa  untuk bisa mengelola keuangan desa agar berjalan dengan transparan dan akuntabel.

Direktur Pembinaan Masyarakat  Polda Jawa Tengah AKBP Budi Utomo menyampaikan paparan Peran Polri Dalam Pendampingan Pembangunan Desa. Bahwa Polri pendekatannya bukan melalui pengawasan apalagi penyidikan tetapi lebih bersifat ke pendampingan, karena sifatnya pendampingan maka lebih ke pengawasan prefentif/pencegahan. Apabila terjadi kesalahan administratib oleh para aparat desa, maka polri tidak langsung menyidik tetapi akan ditangani terlebih dahulu oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah/ APIP.

Kepala Sub Auditor Jateng II Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah Ahmad Adib Susilo memaparkan materi Peran BPK dalam mengawal Akuntabilitas Keuangan Desa.

Direktur BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Adi Gemawan, menyampaikan paparan tentang Pengawalan Pengelolaan Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.  Workshop dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dipandu Moderator dari Sekda Kabupaten Pati Suharyono.

(Tim Humas BPKP Jateng / Din)