Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

BPKP - LKPP SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN PBJ PEMERINTAH
15 Nopember 2018 12:32:39 / jateng / dibaca: 1406 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono membuka Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2018 bagi APIP kab/kota se-Provinsi Jawa Tengah bertempat di Ruang Aula Amarta lantai tiga, Rabu (14/11).

Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 14 s.d 15 November 2018. Peserta adalah para APIP dari Inspektorat kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Narasumber adalah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Slamet Budiharto dengan materi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah,  Direktur Pengawasan Produksi Sumber Daya Alam pada Deputi BPKP Mulyana dengan materi Pedoman Umum Pengawasan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta Auditor Muda BPKP Totok Prihantoro dengan materi Probity Audit.

Kepala perwakilan BPKP Jateng Samono mengapresiasi  seluruh peserta yang telah hadir di Perwaakilan BPKP Jateng. Hal ini merupakan kebangaan tersendiri karena  bisa memfasilitasi kegiatan ini dengan baik , mudah-mudahan selama dua hari kedepan Sosialisasi PBJ terlaksana dengan lancar. Harapannya para peserta dapat mengikuti kegiatan tentang bagaimana melakukan pengawasan internal terkait dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan baik, agar sebagai APIP mempunyai pemahaman yang sama. Kewajiban setelah  Sosialisasi PBJ ini bisa ditularkan pada APIP lain di instansi masing-masing dengan baik.

Samono menambahkan bahwa Perpres Nomor 16 tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam  kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan guna peningkatan pelayanan masyarakat. Pemerintah juga telah melakukan beberapa penyempurnaan untuk menampung kebutuhan pemerintah terkait dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah / APIP tentunya sangat berkepentingan bagaimana supaya bisa memberikan keyakinan yang memadai kepada pemerintah bahwa kebijakan itu bisa dilaksanakan dengan baik.

Slamet Budiharto dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menyampaiikan beberapa latar belakang dari  Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah antara lain bahwa PBJ punya peran penting dalam pelaksanaan pembangunan guna peningkatan pelayanan publik, perlu pengaturan yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (Value For Money). Arahan Presiden untuk melakukan deregulasi dan percepatan pembangunan dalam rangka penyerapan anggaran,  Kepres Nomor 11 tahun 2016 tentang program penyusunan Perpres Tahun 2016, serta Hasil Rapat Terbatas Kabinet tanggal 29 Desember 2016 yang membahas mengenai revisi PBJ.

Ketua Satgas PBJ BPKP Mulyana menyampaikan pokok pembahasan Pedoman Umum Pengawasan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah antara lain terkait dengan Peraturan Perundangan tentang PBJ, Tahapan,Titik kritis, dan risiko PBJ,  Pengawasan Intern atas PBJ, Standar pengawasan,  Kompetnsi bagi auditor, Batasan & tanggung jawab penugasan, serta Sinergisme pengawasan. Dan Strategi Pengawasan Intern antara lain terkait Perencanaan komprehensif dan terpadu pengawasan intern PBJ oleh APIP, Pelaksanaan pengawasan intern PBJ oleh APIP sebagai satu sistem terintegrasi, dan Pengkomunikasian hasil pengawasan PBJ oleh APIP sebagai satu sistem informasi komprehensif.

Hari Kedua Sosialisasi Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah disampaikan oleh Dicky Baihaqi, Auditor Madya BPKP selaku anggota Satgas PBJ BPKP Pusat dengan materi Pedoman Audit Pengadaan Barang/Jasa pemerintah, Sesi Kedua oleh Uripto Koordinator Pengawasan BPKP selaku  Anggota Satgas PBJ BPKP Pusat dengan materi Pedoman Reviu Pengadaan Barang/Jasa Pemertintah,  serta sesi terakhir oleh Kurnia Sucita Sakti Kasubdit BPKP pada Pengawasan BUMD Jasa Air Minum dengan materi Pedoman Pengawasan Lainnya atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. (Tim Humas BPKP Jateng / Din).



Share      

Berita Terkait:

16 Juli 2019 16:20:29 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
IAI JAWA TENGAH SELENGGARAKAN SEMINAR AUDIT KINERJA SEKTOR PUBLIK
18 Juni 2019 13:37:53 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ganjar Pranowo Kukuhkan Salamat Simanullang sebagai Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah
13 Pebruari 2019 12:00:17 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KOMITMEN RENDAH HAMBAT BIROKRASI
04 Desember 2018 13:05:09 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENGELOLAAN DANA DESA HARUS ADA KETERBUKAAN PUBLIK
28 Oktober 2018 08:36:11 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SOSIALISASIKAN MANAJEMEN RISIKO, KODAM IV DIPONEGORO GANDENG BPKP


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
DOKUMEN SAKIP
Level Kapabilitas APIP
Rencana Strategis
L A K I P
Level Maturitas SPIP
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT