Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

SOSIALISASIKAN MANAJEMEN RISIKO, KODAM IV DIPONEGORO GANDENG BPKP
28 Oktober 2018 08:36:11 / jateng / dibaca: 118 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

“Penerapan manajemen risiko pada Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), sangat penting untuk dilaksanakan di setiap satuan kerja sebagai acuan untuk pengembangan kebijakan, perencanaan struktur, fungsi manajemen, risiko, sistem dan prosedur yang terkait dengan penerapan manajemen risiko”. Demikian salah satu butir kalimat yang disampaikan Kepala Staf Komando Daerah Militer IV (Kasdam IV) Diponegoro, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi Manajemen Risiko di Jajaran Kodam IV Diponegoro, Rabu 24 Oktober 2018 lalu.

Selanjutnya Kasdam IV Diponegoro menegaskan, sosialisasi yang diadakan jajarannya, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang penilaian risiko atau risk assessment, untuk mengetahui risiko suatu organisasi yang kemungkinan dapat menggagalkan tujuan organisasi dan menimbulkan kerugian organisasi. Untuk itu diperlukan langkah konkrit dengan menetapkan kebijakan dalam merespon risiko atau risk mitigation suatu kegiatan. “Dengan adanya penerapan manajemen risiko, diharapkan setiap unit kerja bekerja dengan baik dan mampu mengidentifikasi, menyelesaikan serta meminimalisir timbulnya masalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap Kasdam IV.

Dalam kegiatan sosialisasi manajemen risiko itu, Kodam IV Diponegoro menggandeng Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus bertindak sebagai narasumber. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Koordinator Pengawasan IPP-2, Alfiandry, dalam sambutannya antara lain menjelaskan, implementasi SPIP didasarkan pada PP Nomor 60 Tahun 2008. Dalam PP tersebut dinyatakan bahwa setiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, termasuk jajaran Tentara Nasional Indonesia, wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan pemerintahan dengan berpedoman pada SPIP. Hal itu dimaksudkan untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Terkait dengan impllementasi SPIP, dalam Pasal 59 ayat (2) PP Nomor 60 Tahun 2008, dinyatakan bahwa BPKP diberi amanat sebagai instansi pembina penyelenggaraan SPIP. Alfiandry menambahkan, dalam perkembangan penerapan SPIP, pemerintah telah menargetkan di akhir tahun 2019, sejumlah 85% kementerian/lembaga harus sudah mencapai tingkat keandalan (maturitas) penyelenggaraan SPIP pada level tiga atau terdefinisi. Pada tahap ini diharapkan setiap kementerian/lembaga dan pemda sudah melaksanakan SPIP dan terdokumentasi dengan baik.

Seusai acara pembukaan, dilanjutkan dengan sosialisasi manajemen risiko. Materi sosialisasi dipaparkan oleh dua orang Dalnis Bidang IPP, yaitu Surojo Budi Wasono dan Ardhi Widiyanto.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang itu, diikuti oleh para Danrem, Danrindam, para Asisten, para Dan/Kadisjan, serta Perwira di jajaran Kodam IV Diponegoro, dengan jumlah peserta semuanya sebanyak 78 orang.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, berkenan beraudiensi dengan Tim Sosialisasi dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Pangdam IV Diponegoro menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara sosialisasi manajemen risiko di jajaran Kodam IV Diponegoro. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IV Diponegoro menerima Buku PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP yang diserahkan oleh Korwas IPP-2, Alfiandry.

Acara sosialisasi manajemen risiko dipungkasi dengan foto bersama antara narasumber dan para peserta.

(Humas BPKP Jateng ards / din)  

 



Share      

Berita Terkait:

15 Nopember 2018 12:32:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP - LKPP SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN PBJ PEMERINTAH
25 Oktober 2018 16:47:24 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BANGUN BUDAYA INTEGRITAS MENUJU ARAH YANG LEBIH BAIK
10 Oktober 2018 16:24:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG SELENGGARAKAN RAKORWAS PENGADAAN PNS TAHUN 2018
25 Agustus 2018 17:44:40 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PEMKAB TEGAL KOMITMEN KAWAL PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN SISKEUDES.
25 Agustus 2018 14:52:55 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
WUJUDKAN NAWACITA DENGAN MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIR


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Laporan Kinerja
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT