Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

WUJUDKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL DENGAN SISKEUDES
12 Juli 2018 22:38:55 / jateng / dibaca: 435 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Rembang ini adalah salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa dalam upaya mewujudkan tertib administrasi, evaluasi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Rembang Abdul Hafids saat membuka Workshop di Ruang Pendopo Kabupaten Rembang, yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Rembang Subakti, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono, Pejabat Struktural BPKP Jateng, Forkompida, para Kepala OPD, para Camat se Kabupaten Rembang, dan para Kepala Desa se Kabupaten Rembang pada Rabu (11/7).

Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rembang  punya kewajiban untuk membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa, mengawasi pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan aset desa, serta melakukan pembinaaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa . Aplikasi Siskeudes yang dikembangkan oleh BPKP ini telah memberikan manfaat yang nyata dalam membantu pemeritahan desa untuk pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, Akan tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah niat dan tekat yang sungguh-sungguh bagi penyelenggara pemerintahan desa utamanya kepala desa dan perangkat desa untuk bersunggug-sungguh mengelola keuangan desa dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati menambahkan telah membentuk satgas administrator Siskeudes ditingkat kabupaten, kecamatan,  dan desa. Dengan pembentukan satgas Siskeudes ini diharapkan personil yang telah ditunjuk mampu menjalankan tugas dengan baik dalam penggunaan Siskeudes dimasing-masing desa. Para kades agar segera menyelenggarakan fungsi pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat sehingga dana desa untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat segera diwujudkan.

Angka  kemiskinan di Kabupaten Rembang masih tinggi . Penanggulangan kemiskinan menjadi tanggung jawab kita bersama. Melalui progam Padat  karya tunai diharapkan pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana desa dapat menyerap tenaga kerja dari penduduk desa setempat. Mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat dan bisa menurunkan angka stunting/mengurangi gizi buruk, dan meningkatkan produktivitas masyarakat, dan menurunkan angka kemiskinan, Papar Bupati. Dana  desa agar digunakan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, hindari penyalahgunaan keuangan yang akhirnya dapat merugikan masyarakat.Papar Bupati.

Workshop  dilanjutkan  dengan  paparan secara panel dari empat narasumber  yaitu Anggota Komisi XI DPR RI  Donny  Imam Priambodo, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah Herry Subowo memaparkan materi Peran BPK dalam mengawal Akuntabilitas Keuangan Desa. Direktur Pembinaan Masyarakat  Polda Jawa Tengah AKBP Budi Utomo menyampaikan paparan Peran Polri Dalam Pendampingan Pembangunan Desa. Narasumber terakhir dari Direktur Pengawasan BUMD Bidang Akuntan Negara, Juliver Sinaga, menyampaikan paparan tentang Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Desa. dan Moderator adalah  Sekda Kabupaten Rembang Subakti.

Di akhir Workshop ada sesi tanya jawab oleh para peserta kepada para Narasumber dan penyerahan Cindera mata kepada para Narasumber, yaitu dari Perwakilan BPKP Provinsi Jateng kepada para Narasumber, serta dari Pemerintah Kabupaten Rembang kepada para Narasumber.

 (Tim Humas BPKP Jateng / Din)



Share      

Berita Terkait:

25 Agustus 2018 17:44:40 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PEMKAB TEGAL KOMITMEN KAWAL PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN SISKEUDES.
25 Agustus 2018 14:52:55 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
WUJUDKAN NAWACITA DENGAN MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIR
12 Juli 2018 20:57:42 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
401 DESA DI KABUPATEN PATI APLIKASIKAN SISKEUDES
09 Mei 2018 14:12:37 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BUPATI PURBALINGGA INSTRUKSIKAN PARA KEPALA DESA GUNAKAN SISKEUDES
09 Mei 2018 09:23:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SELURUH DESA DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2018 MEMAKAI APLIKASI SISKEUDES


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Laporan Kinerja
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT