Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

SELURUH DESA DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2018 MEMAKAI APLIKASI SISKEUDES
09 Mei 2018 09:23:01 / jateng / dibaca: 890 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Bertempat di Ruang Pendopo Kabupaten Kebumen, telah berlangsung Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes. Tema Workshop adalah Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa Yang Partisipatif, Transparan Dan Akuntabel, Kamis, (3/5)

Workshop dibuka resmi oleh Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz. Narasumber adalah Anggota Komisi XI  DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahur Muziy, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah Hery Subowo, Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jawa Tengah AKBP Bambang Murdoko, Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ernadhi Sudarmanto, serta dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD,  para Camat  se Kabupaten Kebumen, dan para Kepala Desa se Kabupaten Kebumen.

Wakil Bupati Kebumen dalam sambutannya menyampaikan Ucapan terima kasih Kepada Perwakilan BPKP Jateng yang telah bekerjasama dengan DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Kebumen atas terselenggaranya kegiatan workshop Siskeudes saat ini. 3 tahun sudah UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah diimplementasikan, selayaknya Pemerintah Desa telah mandiri dalam mengelola pemerintahan, dan berbagai Sumber Daya Alam yang dimiliki termasuk Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan milik Desa. Dalam APBN Tahun 2017 telah dialokasikan Dana Desa sebesar 60 Triliun yang diperuntukkan untuk 74.954 desa tersebar di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Wakil Bupati menegaskan bahwa target Tahun 2018 seluruh desa di Kabupaten Kebumen sudah menggunakan Aplikasi Siskeudes dengan baik, mulai dari penganggaran sampai pelaporan. Bahwa penggunan Siskeudes ini menjadi syarat mutlak bagi desa untuk mencairkan Alokasi Dana Desa. Harapannya nanti para Kepala Desa di Kabupaten Kebumen dapat mengikuti workshop ini dengan baik, cermati dan pahami materi yang disampaikan agar dalam mengelola Keuangan Desa benar-benar sesuai dengan aturan, dan tidak ada penyimpangan, serta mempermudah dan mempercepat pekerjaan, bukan sebaliknya.

Workshop dilanjutkan dengan paparan secara panel dari para Narasumber.  Anggota Komisi XI DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahur Muziy menyampaikan paparan tentang Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Untuk Kesejahteraan Rakyat. Dengan adanya Dana Desa ini harapannya pengangguran yang berada di desa bisa berkurang sedemikian rupa.  Sumber Daya Manusia yang berada di pedesaan bisa ditingkatkan dengan baik. Terkait dengan Stunting  harapanya jangan sampai ada lagi pada masa sekarang. UMKM bisa dikembangkan dengan baik, dan pasar desa adalah sebagai penggerak ekonomi desa dan infrastruktur menjadi sangat bagus dan berkembang dengan cepat.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Tengah Hery Subowo memaparkan materi Pemeriksaan atas Pembinaan Dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa. Narasumber ketiga dari Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Jawa Tengah AKBP Bambang Murdoko menyampaikan paparan Peran Polri Dalam Pendampingan Pembangunan Desa. Bahwa Polri pendekatannya bukan melalui pengawasan apalagi penyidikan tetapi lebih bersifat ke pendampingan, karena sifatnya pendampingan maka lebih ke pengawasan prefentif/pencegahan.

Narasumber terakhir dari Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Ernadhi Sudarmanto, menyampaikan paparan tentang Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Desa. Siskeudes ini sangat mudah digunakan. Terkait dengan dana desa itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para Kepala Desa yaitu catatlah sesuatu hal yang terjadi dan jangan catat sesuatu hal yang tidak terjadi. Moderator Workshop adalah Inspektur Kabupaten Kebumen Mahmud  Fauzi.

Di akhir Workshop ada sesi tanya jawab oleh para peserta kepada para Narasumber.  dan sebelumnya juga telah dilakukan penyerahan Cindera mata kepada para Narasumber, yaitu dari Pemerintah Kabupaten Kebumen kepada para Narasumber dan dari Perwakilan BPKP Provinsi Jateng kepada para Narasumber.

(Tim Humas BPKP Jateng / Din)

 



Share      

Berita Terkait:

04 Desember 2018 13:05:09 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENGELOLAAN DANA DESA HARUS ADA KETERBUKAAN PUBLIK
15 Nopember 2018 12:32:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP - LKPP SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN PBJ PEMERINTAH
28 Oktober 2018 08:36:11 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SOSIALISASIKAN MANAJEMEN RISIKO, KODAM IV DIPONEGORO GANDENG BPKP
25 Oktober 2018 16:47:24 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BANGUN BUDAYA INTEGRITAS MENUJU ARAH YANG LEBIH BAIK
10 Oktober 2018 16:24:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG SELENGGARAKAN RAKORWAS PENGADAAN PNS TAHUN 2018


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Laporan Kinerja
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT