BPKP JATENG CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WBBM dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono, bertempat di ruang Aula Amarta lantai tiga. Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Kepala Perwakilan didampingi para Pejabat Struktutal dan para Korwas. Hadir dalam pencanangan tersebut yaitu para Pejabat Fungsional Auditor dan para Pejabat Fungsional Umum.

Kepala Perwakilan BPKP Jateng Samono, Selaku Penanggungjawab Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) menyampaikan bahwa berbicara tentang Pembangunan Zona Integritas, pada Tahun 2012, BPKP telah melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju  WBK  dan  WBBM, itu artinya sudah lima tahun berjalan BPKP sudah melaksanakan berbagai hal terkait dengan Reformasi Birokrasi termasuk pembangunan Sumber Daya Manusia.

Lebih lanjut Kepala Perwakilan menambahkan, bahwa Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan terkait dengan infrastruktur tersebut, antara lain adalah Penataan Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penataan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Terkait dengan Pembangunan Zona Integritas ini beberapa tahun yang lalu Kementerian PAN dan RB juga telah memberikan penghargaan kepada beberapa Kementerian/lembaga/Pemda terkait dengan komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Jangan sampai pencanangan pembangnan Zona Integritas ini menjadi beban tersendiri bagi kita, tetap laksanakan yang terbaik yaitu kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, kerja ikhlas, dan kerja penuh integritas

Kepala Bagian Tata Usaha Muslim Ridha Muthaher selaku Ketua WBK dan WBBM  Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah sebelum dilaksanakan pencanangan menyampaikan, Tahun 2018 ini Perwakilan BPKP Jateng merupakan Perwakilan pertama yang melakukan pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Dalam pelaksanaannya nanti akan dilaksanakan evaluasi oleh Inspektorat pada pertengahan tahun, dan pada akhir tahun akan dilakukan penilaian oleh Kementerian PAN dan RB. Seiring berjalannya waktu BPKP Jateng akan terus berproses untuk melakukan pembenahan maupun penyempurnaan ke arah yang lebih baik lagi.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)