Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

GUBERNUR JATENG HARAPKAN DUKUNGAN BPKP
02 Maret 2018 21:56:05 / jateng / dibaca: 3648 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah , menyerahkan  Laporan Hasil  Pengawasan BPKP Tahun 2017 pada Gubernur Jawa Tengah, bertempat di Kantor Gubernur, Senin (26/2/).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan Samono didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Muslim Ridha Muthaher dan para Koordinator Pengawasan Bidang. Rombongan Perwakilan BPKP Jateng yang berjumlah enam orang ini diterima oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko di ruang Rapat Kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah lantai dua. Plt. Gubernur yang didampingi oleh Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono  ini sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas Laporan Hasil Pengawasan BPKP pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017.

Plt. Gubernur  antusias dengan hasil yang telah disampaikan oleh BPKP, dan mengucapkan terima kasih kepada BPKP Jateng, dengan harapan agar BPKP tetap memberi dukungan yang berkesinambungan yang selama ini sudah dilaksanakan dengan sangat baik untuk peningkatan dan kemajuan Provinsi Jawa Tengah pada masa yang akan datang. Hal-hal yang telah disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Jateng ini nanti akan dilaporkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang menjalankan cuti dalam rangka pilkada, papar Heru.

Lebih lanjut, Plt. Gubernur yang juga mantan birokrat ini sangat mengharapkan bahwa bantuan dan dukungan BPKP dalam hal tata kelola  peningkatan laporan keuangan dan mengedepankan substantif APBD, diharapkan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Harapannya pula prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan meningkat dan akan lebih baik lagi pada Tahun 2018, atau minimal bisa dipertahankan dengan baik. Dengan Predikat WTP yang bukan sekedar WTP yang telah dicapai oleh Pemerintah Kab/Kota selama ini  harapannya kualitasnya juga akan lebih bagus lagi.

Kepala Perwakilan BPKP Jateng Samono mengatakan bahwa peran BPKP berdasar Peraturan Pemerintah  Nomor 60 Tahun 2018 tentang SPIP, adalah melakukan pengawasan intern atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah, termasuk akuntabilitas keuangan negara dan pembinaan penyelenggaraan SPIP. Arah Kebijakan dan Strategis pengawasan BPKP menjadi salah satu pendukung terwujudnya sasaran pembangunan nasional yaitu tata kelola pemerintah yang bersih,efektif,demokratis dan terpercaya. Dengan dukungan Sumber Daya Manusia Koordinator Pengawas dan Jabatan Fungsional Auditor per Desember 2017 adalah sebanyak 175 pegawai dan 9 Koordinator Pengawas dengan rincian Pengendali Teknis 47 orang Ketua Tim 71 orang serta Anggota Tim 48 orang.

Lebih lanjut Kepala Perwakilan menyampaikan Hasil Pengawasan terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional memfokuskan pada empat fokus kegiatan yaitu pertama adalah Pengawalan Akuntabilitas Program Pembangunan Nasional yang dititikberatkan pada pengawalan sembilan program pembangunan nasional yang menjadi prioritas utama yaitu percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN), kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, maritim dan kelautan,  pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, Isu strategis nasional serta hambatan kelancaran pembangunan. Kedua adalah Kontribusi Peningkatan Ruang Fiskal yang terdiri dari Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (OPAD), Efisiensi Pengeluaran Negara/Daerah, Verifikasi Dana Alokasi Khusus (DAK), serta Verifikasi Pembayaran Sisa Pekerjaan. Ketiga Pengamanan Aset Negara/Daerah yan terdiri dari Penyelamatan Keuangan Negara/Daerah dan Restrukturisasi dan Pengelolaan Aset. Keempat Peningkatan Governance System yaitu meliputi Peningkatan Kualitas Pelaporan Keuangan, Penguatan tata kelola Pemerintahan dan Korporasi, Penguatan Kapabilitas APIP serta Tindak Lanjut Hasil Audit. papar Samono.

Ditambahkan oleh Kepala Perwakilan bahwa percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu dengan mengadakan reviu terhadap tata kelola pembangunan jalan tol trans jawa yang meliputi ruas Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Pemalang-Batang, dan Semarang-Demak. Reviu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Reviu tata kelola proyek pembangunan Kawasan Industri Kendal (KIK), Reviu pembangunan Sarana dan Prasarana Kereta Api Double Track ruas Solo-Kedungbanteng, Double Track ruas Kroya-Kutoarjo, Double Track ruas Bandara Adi Sumarmo, dan Double Track ruas Purwokerto-Kroya. Reviu terhadap pembangunan 7 bendungan yaitu Bendungan Logung, Bendungan Randugunting, Bendungan Tukul Pacitan, Bendungan Bendo Ponorogo, Bendungan Gondang Karanganyar, Bendungan Gongseng Bojonegoro, dan Bendungan  Pidekso Wonogiri.

Sebelum mengakhiri sambutan Kepala Perwakilan juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan tata kelola yaitu melaksanakan MoU dengan KPU Provinsi Jateng, Siskeudes/dana desa , Evaluasi tata kelola BLUD Rumah Sakit Ambarawa, Evaluasi Kinerja PDAM, Peningkatan Kapabilitas APIP dengan target leveling 3, serta Peningkatan Maturitas SPIP, yang sampai saat ini sudah ada 14 Kab/Kota yang berada pada leveling 3.
(Tm Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

09 Mei 2018 14:12:37 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BUPATI PURBALINGGA INSTRUKSIKAN PARA KEPALA DESA GUNAKAN SISKEUDES
09 Mei 2018 09:23:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SELURUH DESA DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2018 MEMAKAI APLIKASI SISKEUDES
06 Maret 2018 16:28:46 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM
12 Pebruari 2018 13:44:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
TINGKATKAN KINERJA, BPKP JATENG GELAR DO’A BERSAMA PAGI
01 Pebruari 2018 15:10:52 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
MOMENTUM AKSLERASI KINERJA BPKP JATENG 2017


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT