Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

POLA HIDUP SEHAT CEGAH RISIKO PENYAKIT STROKE
30 Nopember 2017 13:14:32 / jateng / dibaca: 3914 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Banyak hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit Gangguan Peredaran Darah Otak/Stroke, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan olah raga yang teratur.

Hal tersebut terungkap saat  acara Ceramah Kesehatan tentang Antisipasi Penyakit Stroke oleh dr. Murwani Yekti, S.PS dari Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang, dalam rangka HUT Ke-46 KORPRI dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2017 yang dihadiri oleh Plh.Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jateng Muslim Ridha Muthaher, Ketua Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah,  para Koordinator Pengawas Bidang, para Kepala Sub Bagian, Tim dari Pembangunan Perumahan Semarang serta para karyawan dan karyawati Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, bertempat di Ruang Aula AMARTA lantai tiga, Rabu (29/11).

Dokter Murwani memulai acara dengan memandu senam tangan dan jari untuk membuktikan bahwa saat ini masih merasakan sehat dan tangan masih bisa bergerak dengan normal.  Gejala dini pada penderita ganguan penyakit  stroke adalah gangguan peredaran darah otak atau dikenal sebagai CVA  (cerebrovascular accident) yaitu gangguan fungsi saraf yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dalam otak yang dapat timbul secara mendadak (dalam beberapa detik) atau secara cepat (dalam beberapa jam) dengan gejala atau tanda yg sesuai dengan daerah yang terganggu.

Dijelaskan oleh Murwani bahwa secara garis besar Gangguan Peredaran Darah Otak dibagi menjadi dua yaitu karena perdarahan dan karena bukan perdarahan. Hal demikian dapat disebabkan karena faktor antara lain penyumbatan pembuluh darah oleh jendalan darah (trombus atau embolus), Robek atau pecahnya pembuluh darah, Ada penyakit pada dinding pembuluh darah, serta  ada gangguan susunan komponen darah.

Dokter Murwani menambahkan bahwa Gejala yang dapat timbul akibat gangguan peredaran darah otak adalah gejala dapat muncul sementara, lalu menghilang, atau lalu memberat atau menetap. Gejala ini muncul akibat daerah otak tertentu tidak berfungsi yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ketempat tersebut. Gejala yg muncul bervariasi, bergantung bagian otak yang terganggu. Beberapa penyebab rIsiko stroke antara lain Hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, gangguan aliran darah sepintas, Infeksi, obesitas, merokok, kelainan pembuluh darah otak serta lain-lain seperti  lanjut usia, penyakit paru menahun, asam urat, dan kombinasi berbagai faktor rIsiko akan memperkuat terjadinya stroke. Papar Murwani.

Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Muslim Ridha Muthaher  membuka  acara  ceramah kesehatan dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada dr. Murwani Yekti, S.PS dari RS. Roemani  Semarang yang telah bersedia hadir dan berkenan memberikan ceramah kesehatan tentang “Antisipasi Penyakit Stroke”. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ketua Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah beserta para pengurus, yang telah bekerja sama dalam penyelenggaraan acara ini, karena ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia dan juga dalam rangka Peringatan Hari IBU Tahun 2017.

Sebelumnya ditempat yang sama juga telah dilaksanakan sosialisasi apartemen dari Pembangunan Perumahan (PP) Semarang yaitu The Alton Apartemen. Walaupun tergolong mewah, namun masih terjangkau  dengan harga yang ditawarkan. Selain lokasinya yang sangat strategis, yaitu dekat dengan Kampus UNDIP Semarang, juga akses menuju apartemen tersebut mudah dijangkau dari berbagai kawasan. Fasilitas yang ditawarkan pun juga cukup banyak sehingga membuat antusias.

(Tim Humas BPKP Jateng Din)

 



Share      

Berita Terkait:

04 Desember 2018 13:05:09 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENGELOLAAN DANA DESA HARUS ADA KETERBUKAAN PUBLIK
15 Nopember 2018 12:32:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP - LKPP SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN PBJ PEMERINTAH
28 Oktober 2018 08:36:11 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SOSIALISASIKAN MANAJEMEN RISIKO, KODAM IV DIPONEGORO GANDENG BPKP
25 Oktober 2018 16:47:24 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BANGUN BUDAYA INTEGRITAS MENUJU ARAH YANG LEBIH BAIK
10 Oktober 2018 16:24:39 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG SELENGGARAKAN RAKORWAS PENGADAAN PNS TAHUN 2018


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Laporan Kinerja
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT