Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

KABUPATEN REMBANG SIAP MENUJU WTP 2018
23 Nopember 2017 09:47:25 / jateng / dibaca: 300 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Pemerintah Kabupaten Rembang menyelenggarakan Rapat Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2017, bertempat di Aula lantai IV Kantor Bupati Rembang, Selasa (21/11),

Rapat Dinas dibuka resmi oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz  serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab Rembang, Subakti, Auditor Pengendali Teknis  BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Theresia Weni Astuti, Korwas Bidang APD I Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah,  Pareng Slamet, mewakili Kepala Perwakilan, Inspektur Kab. Rembang Fahrudin, Irban Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Agung Suryanto mewakili  Plt.Inspektur Prov. Jateng, para Kepala SKPD, Camat, dan para Staf di lingkungan Pemkab Rembang.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dalam sambutannya optimis bahwa seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang bersama rakyat siap menuju Opini WTP Tahun 2018. Terkait dengan tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan semua rekomendasi ditindaklanjuti dengan segera, serta perbaikan atau pembenahan Level Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP untuk proses tercapainya WTP.

Harapan Bupati, dengan tegas mengajak jajaran inspektorat, sekda, seluruh OPD dan eleman lainnya untuk menciptakan keadaan yang kondusif patuh dalam segala hal, menanamkan integritas pada diri supaya cita cita mendapat prestasi WTP dapat tercapai.

Auditor Pengendali Teknis  BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Theresia Weni Astuti dalam paparannya menyampaikan bahwa sebagai institusi yang menjalankan peran pembinaan dan pengawasan, Inspektorat Kab. Rembang baru mendapatkan opini WDP untuk Tahun 2016. Permasalahanya terletak pada manajemen aset Kab. Rembang, Sehingga ada beberapa action plan yang segera dilaksanakan, yaitu Penetapan Penggunaan Aset, Inventarisasi Aset, Penyelesaian Masalah, dan Identifikasi per jenis aset per SKPD.

Koordinator Pengawas Bidang APD I Pareng Slamet dalam paparan menyampaikan bahwa pentingnya Peningkatan Kapabilitas APIP dan Penguatan SPIP dalam mengawal Tata Kelola Dana Desa, demi mewujudkan Laporan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel. Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP salah satunya juga dilakukan oleh BPKP di Kab Rembang dalam rangka peningkatan leveling Kapabilitas APIP. Selain Workshop, juga sosialisasi ulang penyelenggaraan SPIP, pelaksanaan rencana aksi yang telah ada, menyusun RTP SPIP tingkat kabupaten dan OPD, serta menindak lanjuti hasil evaluasi maturitas penyelenggaraan SPIP, dalam upaya untuk peningkatkan maturitas SPIP.

Rapat Gelar Pengawasan Daerah diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh para peserta, dan peserta menyampaikan beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi saat pelaksanaan di lapangan.

(Tim Humas BPKP Jateng Rizka/Din)



Share      

Berita Terkait:

01 Nopember 2017 08:26:04 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
DESA TIDAK LAGI SEBAGAI OBYEK TAPI SUBYEK PEMBANGUNAN
24 Oktober 2017 11:03:17 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KOMITMEN TINGKATKAN AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ
29 Juli 2017 12:51:49 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
REFORMASI BIROKRASI KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN DAERAH
14 Juli 2017 10:46:32 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP JATENG SELENGGARAKAN WORKSHOP PBJ DAN PENYERAPAN DANA DESA
27 Januari 2017 08:10:41 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KAWAL AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT