Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

REFORMASI BIROKRASI KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN DAERAH
29 Juli 2017 12:51:49 / jateng / dibaca: 173 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Reformasi Birokrasi merupakan sebuah kunci keberhasilan pembangunan daerah. Karena mencakup penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas serta pengambilan keputusan dalam penegakan disiplin dan pembangunan kultur birokrasi yang berbasis etika. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jateng Heru Sujatmiko pada acara Rakor APIPDA  2017 dan Perpisahan Inspektur Provinsi Jawa Tengah  di Aula Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, Kamis (27/7).

Rakor APIPDA yang mengusung Tema Penguatan Peran Inspektorat Dalam Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Pengawasan tersebut, dibuka resmi oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, mewakili Wakil Gubernur Jawa Tengah. Hadir dalam Rakor tersebut antara lain Bupati Kudus H. Musthofa, Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Teguh Harjanto, para Inspektur Kab/Kota Se-Provinsi Jawa Tengah, para Kepala SKPD, Asisten Sekda dan para Staf di lingkungan SKPD, dengan jumlah peserta Rakor sebanyak 199 orang.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmiko dalam sambutan yang dibacakan Sekda Prov. Sri Puryono menyampaikan ucapan selamat datang kepada Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah yang baru Siswo Laksono, mudah-mudahan bisa mengemban amanah yang dilaksanakan dengan penuh dedikasi, tanggung jawab dan kerja keras dalam menjalankan tupoksinya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kunto Nugroho yang telah bekerja dengan semangat yang tinggi penuh dedikasi dan menorehkan prestasi yang baik dalam memimpin Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Semangat kerja keras dan dedikasi seperti ini bisa diteruskan dan dilakukan ditempat yang baru.

Lebih lanjut Heru menyampaikan  bahwa sesuai hasil penilaian Reformasi Birokrasi dari Kemenpan dan RB untuk tingkat nasional hasilnya untuk Provinsi Jawa Tengah menempati posisi teratas. Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari hasil kerja keras, tekad dan kemauan dari segenap unsur birokrasi Pem Prov Jateng, untuk menjadi pedoman kita kearah yang lebih baik.

Heru menegaskan bahwa dengan penerapan Reformasi  Birokrasi  harapannya akan mengantarkan pada praktek pemerintahan yang bersih (clean Goverment) dan juga tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment). Dalam proses Reformasi Birokrasi yang terus berlangsung inilah, maka APIP mempunyai peran yang sangat penting  dan sangat strategis.  APIP harus mampu menjadi penjamin mutu (quality Assurance) untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah serta bisa menjadi mitra konsultasi  (consulting partner)  bagi stakeholder yang terkait dengan pengguna pelayanan inspektorat.

Ditambahkan oleh Heru, bahwa APIP  harus mampu menjalankan fungsi pembinaan dan pengawasan dengan melandaskan integritas yang  tinggi dan terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan bersih. Terkait dengan pemerintahan yang bersih inilah,  Pem Prov Jateng Tahun ini memperoleh opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2016.  Hal ini diperoleh karena kita terus berupaya meningkatkan akuntabilitas tata kelola keuangan daerah. Kedepan kita ingin berbagai prestasi tersebut tetap kita dapatkan dan kita tingkatkan, terang Heru.

Heru menambahkan bahwa Rakor APIP ini, selain sebagai media koordinasi, berdiskusi dan sharing informasi untuk mencapai kesepahaman dalam rangka meningkatkan kualitas APIP,  maka Rakor ini juga menjadi ajang sosialisasi berbagai peraturan yang ada terkait dengan Tupoksi APIP dalam pemerintahan daerah, untuk mendukung reformasi yang terus menerus kita lakukan, papar Heru.

Di akhir sambutan Heru  berpesan ikuti rakor ini dengan baik dan penuh kesungguhan, jika ada yang belum dimengerti tanyakan pada narasumber, jangan pernah malu untuk menyampaikan berbagai permasalahan terkait dengan Reformasi Birokrasi ditempat tugas. Semoga Rakor ini berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan berbagai keputusan yang bermaanfaat bagi proses Reformasi Birokrasi yang kita lakukan bersama.

Kunto Nugroho dalam Sambutan Pamitan dan Pertanggungjawaban Kinerja Pembinaan Dan Pengawasan Inspektur Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 – 2017 menyampaikan terima kasih kepada Plt. Inspektur yang baru Siswo Laksono, bahwa di awal Rakor yang rutin diselenggarakan ini, diawali dengan kesempatan untuk berpamitan kepada para Inspektur di Kab/Kota Se-Jawa Tengah dan para stakeholder. Kunto juga menyampaikan terima kasih atas kebersamaan yang telah terbina dengan baik selama ini.

Lebih lanjut Kunto menyampaikan bahwa Inspektorat  dalam arti reguler tidak hanya pemeriksaan saja yang outputnya adalah Laporan.  tetapi garis besarnya adalah pembinaan dan pengawasan.  Berbicara mengenai Integritas bahwa Provinsi Jawa Tengah tentang assesment pada Hari Anti Korupsi beberapa hari yang lalu, secara nasional memperoleh  nilani tertinggi,  sehingga Provinsi Jawa Tengah direkomendasikan untuk menjadi rujukan bagi provinsi lain di Indonesia, papar Kunto.

Rakor dilanjutkan dengan paparan oleh 3 Narasumber yaitu dari Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Dalam Negeri, Sugeng Haryanto dengan Tema Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Paparan ke dua dari Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah 1 pada Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP, Adi Gemawan yang memaparkan Tema Perubahan Paradigma Aparat Pengawasan sebagai Quality Assurance Dan Consulting Partner Melalui Peningkatan Kapabilitas APIP. Paparan terakhir adalah Kepala Perwakilan BPK  Provinsi Jawa Tengah Heri Subowo yang menyampaikan Tema  Strategi Pencapaian Opini Jawa Tengah.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

14 Juli 2017 10:46:32 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP JATENG SELENGGARAKAN WORKSHOP PBJ DAN PENYERAPAN DANA DESA
27 Januari 2017 08:10:41 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KAWAL AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ
23 Desember 2016 10:12:02 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KOTA TEGAL SELENGGARAKAN GELAR PENGAWASAN TAHUN 2016
24 Oktober 2016 12:20:06 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
GERDU MAWASDIRI SEBAGAI SARANA SINERGITAS APIP KABUPATEN TEGAL
15 Oktober 2016 14:50:31 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
SINERGITAS APIP, TINGKATKAN REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ.


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT