Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

BPKP JATENG INTERNALISASI ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI 2015-2019
19 April 2017 18:26:21 / jateng / dibaca: 245 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Semarang (19/4) bertempat di Hall Aula Amarta lantai tiga, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan Internalisasi  Road Map Reformasi Biirokrasi 2015-2019 sesuai Perka Nomor 7 Tahun 2016. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Khaerun, mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Internalisasi Road Map Reformasi Birokrasi dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan penyampaian arahan dari Kepala Bagian Tata Usaha mewakili Kepala Perwakilan. Selanjutnya penyampaian Paparan Road Map Reformasi Birokrasi oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Adi Warsito dengan Moderator Edy Pramono, Dalnis Bidang Investigasi. Hadir dalam acara tersebut antara lain para Koordinator Pengawas Bidang, para Kepala Sub Bagian, para Pejabat Fungsional Auditor, serta Pejabat Fungsional umum lainnya.

Khaerun  dalam sambutan menyampaikan bahwa tujuan awal dari Reformasi Birokrasi ini adalah perubahan pola pikir (mind set). Diharapkan  Satgas Reformasi Birokrasi agar sungguh-seungguh melaksanakan amanah Reformasi Birokrasi tersebut dengan sebaik-baiknya untuk membawa ke arah perubahan kinerja yang lebih baik, sesuai  Perka Nomor 7 Tahun 2016. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ditujukan untuk mencapai tiga sasaran yaitu Birokrasi yang bersih dan akuntabel,  Birokrasi yang efektif dan efisien serta Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

Selain hal di atas Khaerun berharap internalisasi Reformasi Birokrasi dan implementasinya dapat  dilaksanakan dengan baik. Efektivitas dan capaian kinerja Reformasi Birokrasi sangat penting. Diharapkan para satgas Reformasi Birokrasi untuk bersama-sama membangun integritas, sehingga mengetahui kerangka Reformasi Birokrasi secara keseluruhan, untuk kemajuan dan peningkatan kinerja yang lebih baik lagi. BPKP secara mandiri sudah melakukan reformasi pada Tahun 2010-2014.

Adi Warsito Kepala Sub Bagian Kepegawaian dalam  paparannya  mengawali dengan pemyampaian  tahapan lima tahunan pelaksanaan Reformasi Birokrasi, yang pada tahun 2019 nanti diharapkan bisa efektif, efisien dan ekonomis, serta fokus pada upaya untuk mewujudkan outcomes (hasil), menerapkan manajemen kinerja yang didukung dengan penerapan sistem berbasis elektronik, serta Setiap individu pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja organisasi.

Dijelaskan pula oleh Adi Warsito, bahwa selain tahapan lima tahunan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, juga ada Proses Bisnis Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Area Perubahan, Sasaran Reformasi Birokrasi, Ukuran Keberhasilan, Tahapan Reformasi Birokrasi, Pencapaian Reformasi Birokrasi, Rencana Kerja Tim Reformasi Birokrasi BPKP yang meliputi Program dan Kegiatan serta Quick Wins, Kriteria Keberhasilan, Target Out come yaitu tercapainya outcome dari setiap area perubahan ditunjukkan dengan keberhasilan  pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), serta Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan.

Adi Warsito menambahkan bahwa, BPKP secara mandiri telah melakukan evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi  Tahun 2010-2014. Kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BPKP dapat terlihat  dari hasil penilaian mandiri yang mencapai skor 78,74. Penilaian ini meliputi unsur  proses sebesar 60% dan unsur hasil sebesar 40%. Sesuai dengan Peraturan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015,   Reformasi Birokrasi ditujukan pada pencapaian tiga sasaran, yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, terwujudnya  peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, serta meningkatnya  kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

04 Nopember 2013 16:37:20 / jateng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Budaya Kerja dan SPIP Sebuah Sinergi Untuk Peningkatan Kapabilitas SDM
11 Juni 2013 17:14:23 / jateng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Bagian TU Bertekad Meningkatkan Pelayanan Guna Mendukung Peningkatan Kinerja dan Reformasi Birokrasi


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT