Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

PERAN BPKP SANGAT STRATEGIS
01 Pebruari 2017 13:46:22 / jateng / dibaca: 2964 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Semarang - (30/1) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono mengemukakan bahwa saat ini peran BPKP di mata Pemerintah begitu penting dan sangat strategis. Hal ini diungkapkan Samono di ruang Aula Amarta Lantai tiga Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah,  pada acara Diseminasi Hasil Rapat Kerja BPKP 2017 yang diselenggarakan di kantor Pusat Jakarta 26 s.d 28 Januari 2017 lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para KORWAS JFA, para Pejabat Struktural, Para Pejabat Fungsional Auditor, dan Pejabat Fungsional lainnya.

Samono menyampaikan bahwa Tema Raker BPKP 2017 adalah “ Berkinerja Unggul Dengan Tetap Menjunjung Tinggi Integritas. Dengan tema tersebut, sebagai insan BPKP diingatkan kembali oleh pimpinan melalui Rapat Kerja. Menurutnya integritas sangat penting, dengan melakukan penandatanganan Pakta Integritas, merupakan salah satu bukti bahwa kita selalu konsen terhadap integritas.

Samono mengungkapkan, “Kita selalu dituntut untuk mengingatkan diri kita sendiri, maupun orang yang berada disekeliling kita, termasuk keluarga. Harapannya setelah saling mengingatkan juga melaksanakan, itulah gambaran dari makna yang tersirat dalam tema integritas tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan pula bahwa saat ini peran BPKP di mata Pemerintah begitu pentingnya dan sangat strategis. Pemerintah melalui Mensesneg sangat mengapresiasi BPKP, yang selalu bisa memenuhi harapan ataupun bisa mentargetkan apa yang diminta dan diinginkan oleh pemerintah, sebagai stakeholder utama.

Hal lain yang jadi perhatian  adalah terkait dengan Pemerataan yang belum berhasil dengan baik. Tahun 2017 ini Presiden sangat konsen dengan hal tersebut. Salah satu medianya yaitu melalui kegiatan dana desa. “Dengan adanya dana desa ini, maka BPKP diminta untuk mengawal implementasi dari kebijakan pemberian dana desa tersebut, karena hal ini mendukung salah satu kegiatan dalam rangka pemerataan yang memang sudah menjadi fokus pemerataan pemerintah saat ini,” jelasnya. Lebih lanjut Samono menjelaskan bahwa kedepan Pemerintah juga berencana akan menerbitkan Kartu Indonesia Pintar/KIP khusus bagi anak yatim.

Pada kesempatan itu dijelaskan pula bahwa sebagai APIP, kita bertanggungjawab kepada stakeholder yaitu Presiden. Berangkat dari apa yang menjadi konsen pemerintah tadi, maka kita selalu dituntut untuk memberikan kontribusi, memberikan input, baik data maupun usulan/solusi terkait dengan hal-hal yang telah disampaikan tadi, sehingga dari sinilah kita bisa menggambarkan hal apa yang akan kita lakukan, sehingga kita bisa memberikan atensi, informasi proaktif dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah.”Tahun 2017 BPKP harus bisa melebihi target dari yang diminta oleh pemerintah bukan hanya kualitasnya tetapi juga kuantitasnya,” papar Samono.

Diakhir sambutanya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa tahun 2017 akan mengimplementasikan SIMA (Sistem Informasi Manejemen  Akuntabilitas). Implementasi SIMA ini menjadi tanggung jawab dari Kepala Perwakilan, karena memerlukan beberapa modifikasi terkait dengan proses penugasan, sehingga semua hal yang kita laksanakan dari awal dapat dimonitor progress maupun kendalanya. Samono berharap SIMA ini dapat dilaksanakan secara konsisten oleh para pegawai.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

09 Mei 2018 14:12:37 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BUPATI PURBALINGGA INSTRUKSIKAN PARA KEPALA DESA GUNAKAN SISKEUDES
09 Mei 2018 09:23:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SELURUH DESA DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2018 MEMAKAI APLIKASI SISKEUDES
06 Maret 2018 16:28:46 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM
02 Maret 2018 21:56:05 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
GUBERNUR JATENG HARAPKAN DUKUNGAN BPKP
12 Pebruari 2018 13:44:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
TINGKATKAN KINERJA, BPKP JATENG GELAR DO’A BERSAMA PAGI


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
Tugas Pokok dan Fungsi
PRODUK LAYANAN BIDANG / BAGIAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT