KAWAL AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ

Workshop yang diselenggarakan selama satu hari tersebut dilaksanakan di ruang Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, lantai dua Perwakilan BPKP Jateng, dan dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas Bidang APD I, Sihono, mewakili Kepala Perwakilan, serta dihadiri oleh para APIP dari Inspektorat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Provinsi Jawa Tengah. Sebagai Narasumber Workshop adalah Korwas I Bidang APD Perwakilan BPKP Jateng, Sihono dan Pengendali Teknis Bidang APD Surojo Budi Wasono, serta moderator dalam Kegiatan tersebut adalah Suta’at Dalnis Bidang APD.

Dalam Sambutannya Sihono menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di BPKP Jateng, kepada para peserta Workshop, karena ini merupakan Workshop yang pertama kali dilakukan di BPKP Jateng sejak adanya Reorganisasi Struktur BPKP.  Workshop ini dilaksanakan pada Triwulan IV Tahun 2016, itu berarti sejak Tahun 2016 juga telah dilaksanakan hal yang sama untuk Triwulan, I, Triwulan II dan Triwulan III dan merupakan suatu kegiatan rutinitas yang dilaksanakan para APIP Kab/Kota, kecuali bagi yang masih baru atau yang belum pernah mengikuti Workshop ini harus bersinergi untuk bisa mempelajari Aplikasi Reviu Penyerapan Anggaran ini.

Dijelaskan bahwa Anggaran Keuangan Negara, baik APBN/APBD ataupun Dana Desa ini menjadi konsen dari Presiden Joko Widodo, dan kepada APIP diminta untuk berperan mengawal anggaran tersebut. Proses pengawalan ini dengan data yang cepat dan tepat diterima, sehingga Presiden meminta kepada para APIP untuk mengawal dan menginformasikan Penyerapan Anggaran pada Triwulan IV, maupun Pengadaan Barang dan Jasa, serta Penyaluran dan Pengunaan dana desa yang berasal dari Dana APBN. Sedangkan untuk Pra Dipa 2016 sudah diperkenankan adanya lelang. Presiden juga ingin melihat, berapa yang sudah dikontrakkan untuk pelaksanaan sehingga awal tahun sudah bisa dilaksanakan. Jadi anggaran tidak terserap diakhir Tahun seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di akhir Sambutannya Sihono juga mengharapkan kepada para peserta Workshop untuk bisa mengikut kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan saat pelaksanaan aplikasi, dan diharapkan bisa didukung dengan jaringan yang lancar, sehingga saat inputing data tidak ada yang trobel.

Workshop dilanjutkan dengan pembekalan pemahaman materi tenteng Gambaran Umum mengenai Reviu PBJ dan Penyaluran Penggunaan Dana Desa Triwulan IV Tahun 2016 serta Tender Pra Dipa Tahun 2017 oleh Korwas Bidang APD I Sihono,. dilanjutkan dengan praktek Simulaasi Cara Akses Aplikasi Monitoring Tender PRA-DIPA berbasis Web, yang dipandu oleh Suroyo Budi wasono, Dalnis Bidang APD BPKP Jateng. (Tim Humas BPKP Jateng/Din)