Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

KAWAL AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ
27 Januari 2017 08:10:41 / jateng / dibaca: 1310 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah komitmen untuk meningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara melaluimonitoringdan WorkshopReviu oleh APIP mengenai Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang/Jasa  serta Penggunaan Dana Desa Triwulan IV dan Tender Pra Dipa Tahun 2017 Per 25 Januari 2017. Sebagai langkah persiapan Reviu tersebut telah dilaksanakan Workshop Persiapan Reviu Penyerapan Anggaran oleh APIP Triwulan IV Tahun 2016 dan Reviu Tender Pra Dipa/Perda APBD Tahun Anggaran 2017. Kamis (26/1).

Workshop yang diselenggarakan selama satu hari tersebut dilaksanakan di ruang Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, lantai dua Perwakilan BPKP Jateng, dan dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas Bidang APD I, Sihono, mewakili Kepala Perwakilan, serta dihadiri oleh para APIP dari Inspektorat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Provinsi Jawa Tengah. Sebagai Narasumber Workshop adalah Korwas I Bidang APD Perwakilan BPKP Jateng, Sihono dan Pengendali Teknis Bidang APD Surojo Budi Wasono, serta moderator dalam Kegiatan tersebut adalah Suta’at Dalnis Bidang APD.

Dalam Sambutannya Sihono menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di BPKP Jateng, kepada para peserta Workshop, karena ini merupakan Workshop yang pertama kali dilakukan di BPKP Jateng sejak adanya Reorganisasi Struktur BPKP.  Workshop ini dilaksanakan pada Triwulan IV Tahun 2016, itu berarti sejak Tahun 2016 juga telah dilaksanakan hal yang sama untuk Triwulan, I, Triwulan II dan Triwulan III dan merupakan suatu kegiatan rutinitas yang dilaksanakan para APIP Kab/Kota, kecuali bagi yang masih baru atau yang belum pernah mengikuti Workshop ini harus bersinergi untuk bisa mempelajari Aplikasi Reviu Penyerapan Anggaran ini.

Dijelaskan bahwa Anggaran Keuangan Negara, baik APBN/APBD ataupun Dana Desa ini menjadi konsen dari Presiden Joko Widodo, dan kepada APIP diminta untuk berperan mengawal anggaran tersebut. Proses pengawalan ini dengan data yang cepat dan tepat diterima, sehingga Presiden meminta kepada para APIP untuk mengawal dan menginformasikan Penyerapan Anggaran pada Triwulan IV, maupun Pengadaan Barang dan Jasa, serta Penyaluran dan Pengunaan dana desa yang berasal dari Dana APBN. Sedangkan untuk Pra Dipa 2016 sudah diperkenankan adanya lelang. Presiden juga ingin melihat, berapa yang sudah dikontrakkan untuk pelaksanaan sehingga awal tahun sudah bisa dilaksanakan. Jadi anggaran tidak terserap diakhir Tahun seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di akhir Sambutannya Sihono juga mengharapkan kepada para peserta Workshop untuk bisa mengikut kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan saat pelaksanaan aplikasi, dan diharapkan bisa didukung dengan jaringan yang lancar, sehingga saat inputing data tidak ada yang trobel.

Workshop dilanjutkan dengan pembekalan pemahaman materi tenteng Gambaran Umum mengenai Reviu PBJ dan Penyaluran Penggunaan Dana Desa Triwulan IV Tahun 2016 serta Tender Pra Dipa Tahun 2017 oleh Korwas Bidang APD I Sihono,. dilanjutkan dengan praktek Simulaasi Cara Akses Aplikasi Monitoring Tender PRA-DIPA berbasis Web, yang dipandu oleh Suroyo Budi wasono, Dalnis Bidang APD BPKP Jateng. (Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

23 Nopember 2017 09:47:25 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KABUPATEN REMBANG SIAP MENUJU WTP 2018
01 Nopember 2017 08:26:04 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
DESA TIDAK LAGI SEBAGAI OBYEK TAPI SUBYEK PEMBANGUNAN
24 Oktober 2017 11:03:17 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KOMITMEN TINGKATKAN AKUNTABILITAS MELALUI REVIU PENYERAPAN ANGGARAN DAN PBJ
29 Juli 2017 12:51:49 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
REFORMASI BIROKRASI KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN DAERAH
14 Juli 2017 10:46:32 / jateng / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP JATENG SELENGGARAKAN WORKSHOP PBJ DAN PENYERAPAN DANA DESA


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT