Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

PEMUDA INDONESIA MENATAP DUNIA
28 Oktober 2016 11:21:06 / jateng / dibaca: 783 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Bertempat di lapangan Upacara Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, telah diselenggarakan kegiatan Upacara Bendera Peringatan Ke-88 Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016, dengan Pembina Upacara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Samono. Jum’at (28/10)

Upacara dihadiri oleh para Pejabat Struktural, Para Pengendali Teknis, para Pejabat Fungsional Auditor, Pejabat Fungsional Umum dan Pejabat Fungsional lainnya, beserta para pegawai. Pada kesempatan tersebut selaku petugas upacara adalah dari Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) BPKP Jateng dan Petugas Gerakan Disiplin Nasional (GDN) adalah  dari Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) BPKP Jateng.

Sambutan tertulis Menpora Imam Nahrawi yang di bacakan oleh Kepala Perwakilan BPKP Jateng Samono, yang bertindak selaku Pembina Upacara, menyampaikan bahwa, melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara beserta keluarga untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia, dan terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penghargaan dan hormat juga disampaikan kepada Bung Kamo, Bapak Bangsa tokoh pemuda masa itu, yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal yaitu : "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya,  Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"

Dijelaskan Menpora bahwa Data Demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (BPS, 2014). Secara kuantitas angka 24,5% ini cukuplah besar. Ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut Bonus Demografi.

Labih Lanjut Menpora mengatakan, jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, maka sejatinya jumlah penduduk yang besar saja tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan di kancah dunia. Bung Kamo hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Ketika beberapa waktu yang lalu, Indonesia berhasil mengantarkan seorang Pemuda Indonesia berusia 23 tahun bernama Rio Haryanto kelevel tertinggi balap mobil internasional F.1, kita baru menyadari pernyataan Bung Kamo bukanlah  isapan jempol semata. Seluruh mata dunia terbelalak. Dunia Balap internasional seolah tidak percaya ada anak Indonesia yang berhasil menembus balapan paling bergengsi di dunia.

Ditambahkan pula oleh Menpora bahwa di sektor-sektor lain seperti Industri kreatif, kita juga menemukan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mengharumkan negara dan bangsa di kancah internasional. Ada Joe Taslim, aktor muda yang berhasil mengguncang panggung Hollywood melalui film   fast and Furious. Adajuga sutradara muda berusia 27 tahun asal Blitar Jawa Timur, Livi Zheng yang berhasil mengguncang panggung perfilman Hollywood melalui karya-karya berkelasnya.

Diakhir Sambutan Menpora mengatakan bahwa hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahtera'an dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia. Rasanya tidak cukup jika harus menuliskan semua nama pemuda Indonesia yang hari ini mengharukan nama Indonesia di kancah internasional. Tokoh tokoh pemuda yang disebutkan tadi hanyalah contoh untuk mengingat kembali pesan Bung Karno bahwa dengan pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukkan dunia. Jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia.

(Tim Humas BPKP Jateng/Din)



Share      

Berita Terkait:

16 Mei 2017 16:21:21 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PEWUJUDAN KINERJA UNGGUL MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME, INTEGRITAS DAN INOVASI
03 Mei 2017 09:43:55 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP BADMINTON COMMUNITY JALIN PERSAHABATAN DENGAN OLAHRAGA
01 Pebruari 2017 13:46:22 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PERAN BPKP SANGAT STRATEGIS
07 Desember 2016 17:41:17 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SATUKAN TEKAD DAN LANGKAH UNTUK MBANGUN BUDAYA INTEGRITAS
29 Nopember 2016 12:27:01 / jateng / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP JATENG SELENGGARAKAN UPACARA HUT KORPRI 2016


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT