BPKP SELANGKAH LEBIH MAJU

Demikian disampaikan Sekretaris Utama BPKP Meidiyah Indreswari pada penutupan acara Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Komunikasi Publik BPKP, di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (11/11), yang diikuti oleh perwakilan kehumasan dari Perwakilan BPKP seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Meidiyah Indreswari mengemukakan, bahwa kompetensi dibidang Komunikasi Informasi Publik sangat dibutuhkan terutama (Knowledge, Skill dan Attitude). Berhasil tidaknya suatu komunikasi sangat tergantung cara penyampaian komunikasi tersebut, sehingga komunikasi perlu dikelola dengan baik dan benar. Kita harus punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, terang Meidiyah Indreswari.

Sebelumnya Focus Group Discussion Draft Perka BPKP diawali dengan diskusi panel sebagai tindak lanjut dari Inpres Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, yang menghadirkan tiga narasumber dari praktisi kehumasan yaitu 1). Yusran Pane Pemimpin Redaksi Banjarmasin Pos Group. 2). Muh Yusridarto dari RRI Banjarmasin., dan 3). Samsul Rani dari KPID Kalimantan Selatan.

Yusran Pane dari Banjarmasin Pos Group memberikan paparan tentang Integrasi Implementasi Komunikasi Publik Instansi Pemerintah. Aparat Humas terutama BPKP khususnya harus menguasai teknik relasi yang efektif dengan publik, mampu menjalin sinergi dan akrab dengan kalangan jurnalis agar dapat mengelola informasi dengan efektif.

Humas memiliki tiga arti penting yaitu memberi informasi kepada publik, Persuasi yang dimaksud untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik terhadap lembaga demi kepentingan kedua pihak, dan upaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan antara lembaga dan masyarakat, demikian paparan Muh Yusridarto dari RRI Banjarmasin dengan materi yang berjudul Komunikasi Publik di Era Kekinian.

Sementara Samsul Rani memaparkan materi Implementasi Komunikasi Publik Instansi Pemerintah, dimana setiap warga negara berhak memperoleh informasi publik sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Selesai diskusi panel dilanjutkan dengan pemberian cindera mata kepada tiga narasumber, dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Hubungan Antar Lembaga BPKP Pusat Nuri Sujarwati, dan sebagai tuan rumah penyelenggara Focus Group Discussion Subroto. (Tim Humas BPKP Jateng Pt/Din)