Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah

PENINGKATAN KINERJA PDAM MELALUI PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GOOD CORPORATE GOVERNA
16 Januari 2015 15:51:58 / jateng / dibaca: 3668 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Bertempat di PDAM Tirta Moedal Semarang, Kamis (15/1) telah dilaksanakan kegiatan penandatanganan MoU tentang penguatan kejasasama Tata Kelola PDAM dan sosialisasi GCG BUMD  terhadap para Direktur PDAM se-Jawa Tengah.

Sebanyak 35 PDAM di Jawa Tengah dan satu Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Provinsi Jawa Tengah sepakat melanjutkan bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dan Perwakilan BPKP DIY untuk penguatan tata kelola PDAM. Kesepakatan yang dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) itu ditandatangani antara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bambang Wahyudi dengan para 30 Direksi/Direktur Utama PDAM/PDAB, dan antara Kepala Perwakilan BPKP DIY Tytut Ratih Kusumo dengan enam Direksi/Direktur Utama PDAM.

Penandatanganan MoU disaksikan Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Gatot Darmasto, Direktur Pengawasan BUMD, Nyoman Sardiana, dan Ketua DPD Perpamsi Jawa Tengah, Suparto Edy Sucahyo.

Suparto Edy Sucahyo dalam sambutannya mengatakan, MoU antara PDAM dengan BPKP ini merupakan yang kedua dalam rangka penguatan tata kelola PDAM berjangka waktu selama tiga tahun. Menurutnya, MoU dimaksudkan agar PDAM kedepan menjadi lebih baik sesuai harapan. Yakni, PDAM yang sehat, berkinerja yang baik, sekaligus bertata kelola yang baik, sambil berpesan agar seluruh PDAM bisa memanfaatkan dengan baik apa yang telah menjadi kesepakatan di dalam MoU tersebut, pada kesempatan itu Suparto Edy juga menyatakan ucapan terima kasih kepada BPKP atas.kerjasamamya selama ini dengan PDAM dan berharap ke depan BPKP semakin lebih banyak memberikan pendampingan dalam menciptakan tata kelola yang baik di lingkungan PDAM di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam paparannya Gatot Darmasto menyatakan bahwa terdapat 9 aspek yang merupakan permasalahan hasil audit kinerja PDAM seluruh Indonesia, dan kedapan perlu dilakukan perbaikan, salah satunya melalui implementasi Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan PDAM sesuai dengan amanat UU NO.23 TH 2014pasal343. Selain itu juga pemerintahan yang baru sekarang juga meminta BPKPmembantu mengawal pencapaian Target Pelayanan Air Minum 2015 s.d 2019 (RPJMN) dan juga sesuai Surat Menteri PU dan PR Nomor UM.01.11-Mn/09tanggal 07 Januari 2015BPKP diminta juga untuk melakukan Evaluasi inerja terhadapSeluruh PDAM.

Dalam kesempatan tersebut Nyoman Sardiana memberikan sosialisasi tentang Peningkatan Kinerja PDAM Melalui  Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik(Good Corporate Governance). Dalam paparannya Nyoman Sardiana menjelaskan pentingnya penerapan GCG di lingkungan PDAM untuk mengatasi kinerja yang tidak optimal atas aspek kesehatan,  cakupan,  NRW,  FCR,Aspek 3 k,opini,  dan SPI . Selain dipaparkan juga tentang gambaran umum sistem, struktur dan proses GCG secara umum Tahapan penerapan GCG juga dijelaskan mencakup persiapan (awareness building dan manual buildng), impelementasi (sosialisasi dan penerapan pedoman) dan evaluasi (pengukuran efketivitas penerapan GCG dan perbaikan dan pengembangan yang berkelanjutan). Acara sosialisasi tersebut diakhiri dengan sesi Tanya jawab oleh para peserta direktur PDAM se Provinsi Jawa Tengah. [Humas BPKP Jateng-RdS,Mgt]



Share      

Berita Terkait:

09 Oktober 2017 15:09:33 / jateng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pengembangan Center of Excellence di Jawa Tengah, Kepala BPKP dan Gubernur Jawa Tengah Teken MoU
08 Maret 2016 10:20:26 / jateng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP TANDATANGANI MOU DENGAN UNSOED PURWOKERTO
04 Oktober 2014 09:49:45 / jateng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Siap Sukseskan Program Pembangunan di Jawa Tengah
30 September 2014 11:42:29 / jateng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Workshop Tata Kelola RSUD Akselerasi Penerapan Pola Tata Kelola BLUD bagi RSUD se-Jawa Tengah
04 Desember 2013 11:56:55 / jateng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi BPK-APIP-APH Untuk Efektifkan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Gambaran Umum
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Sumber Daya Manusia
PRODUK LAYANAN
Bidang Investigasi
Bidang Akuntan Negara
Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat
Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah
Bagian Tata Usaha
Bidang Program dan Pelaporan / P3A
INFORMASI PUBLIK
Rencana Strategis
L A K I P
Laporan Keuangan
Pengadaan Barang/Jasa
Laporan BMN
Perjanjian Kinerja
Rencana Kerja

KALENDER DIKLAT
 
 
ARSIP BPKP JAWA TENGAH

 

 
 
KONTAK KAMI
 
 
SITUS TERKAIT