Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

SEJARAH BPKP JAMBI

Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi telah melalui sejarah panjang yang tidak terlepas dari sejarah terbentuknya Direktorat Djendral Pengawasan Keuangan Negara (DDPKN) pada Departemen Keuangan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 239 Tahun 1966. Tugas DDPKN (dikenal kemudian sebagai DJPKN) meliputi pengawasan anggaran dan pengawasan badan usaha/jawatan, yang semula menjadi tugas DAN dan Thesauri Jenderal. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 70 Tahun 1971 khusus pada Departemen Keuangan, tugas Inspektorat Jendral dalam bidang pengawasan keuangan negara dilakukan oleh DJPKN.
 
DJPKN di Jambi semula bernama Kantor Pengawasan Anggaran Negara (KPAN) dan berkedudukan di salah satu bangunan rumah di Komplek Setia Negara Blok A Nomor 8 Kota Jambi. Kemudian dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tanggal 30 Mei 1983, DJPKN ditransformasikan menjadi BPKP sebuah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Satu bulan sesudahnya, atau di bulan Juni tahun 1983 kantor KPAN Jambi berpindah ke gedung baru di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 107 Kotabaru, Jambi.
 
Salah satu pertimbangan dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tentang BPKP adalah diperlukannya badan atau lembaga pengawasan yang dapat melaksanakan fungsinya secara leluasa tanpa mengalami kemungkinan hambatan dari unit organisasi pemerintah yang menjadi obyek pemeriksaannya. Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah telah meletakkan struktur organisasi BPKP sesuai dengan proporsinya dalam konstelasi lembaga-lembaga Pemerintah yang ada. BPKP dengan kedudukannya yang terlepas dari semua departemen atau lembaga sudah barang tentu dapat melaksanakan fungsinya secara lebih baik dan obyektif.
 
Sampai dengan saat ini, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi telah berganti pimpinan (Kepala Perwakilan) sebanyak 15 kali. Berikut daftar nama-nama Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dari masa ke masa:
 
 
 
 
 
 

Share   
PROFIL BPKP JAMBI
SEKAPUR SIRIH
TUGAS DAN FUNGSI
DUKUNGAN SDM
DUKUNGAN SARANA DAN PRASARANA
WILAYAH KERJA
STRUKTUR ORGANISASI
VISI DAN MISI
SEJARAH PERWAKILAN
WISATA DAN KULINER
OBJEK WISATA JAMBI
KULINER JAMBI
DOKUMEN PERENCANAAN DAN KINERJA
Rencana Strategis Tahun 2015-2019
Laporan Kinerja Tahun 2016
Laporan Keuangan, LRA dan Daftar Aset/Inventaris Tahun 2017
Laporan Triwulan Pemantauan Kinerja Tahun 2016
Perjanjian Kinerja Tahun 2017
Laporan Kinerja Triwulan I dan II Tahun 2017
Perjanjian Kinerja Tahun 2018
Laporan Kinerja Tahun 2017
PENGADAAN BARANG DAN JASA
REVISI PENGADAAN BARANG DAN JASA
PRODUK DAN LAYANAN
PENGAWALAN PEMBANGUNAN NASIONAL
PENINGKATAN KONTRIBUSI RUANG FISKAL
PENGAMANAN ASET NEGARA/DAERAH
PERBAIKAN GOVERNANCE SYSTEM

 

 

  

 

Kepada seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Jambi diharapkan untuk mengikuti Raker dan Malam Budaya Kerja yang dilaksanakan mulai tanggal 26 hingga 28 Februari 2018. ------------- Malam Budaya Kerja akan dilaksanakan pada Senin, 26 Februari 2018 mulai pukul 19.00 WIB s/d selesai menggunakan kostum batik. Acara akan menampilkan kegiatan seni budaya yang ditampilkan oleh talenta-talenta muda Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Don't miss it.