CAPAIAN VAKSINASI LANSIA DI PUSKESMAS SUNGAI DUREN MASIH RENDAH,BPKP JAMBI HARAPKAN PERAN MASYARAKAT

Sueb Cahyadi memastikan langsung mengenai kendala di lapangan selama proses vaksinasi di Puskesmas Simpang Duren, agar dapat segera diatasi.

Adapun kendala yang terjadi di Desa Simpang Sungai Duren yaitu capaian vaksinasi lansia masih rendah dikarenakan adanya issue negative bahwa vaksinasi dapat berdampak pada timbulnya penyakit. Tim Perwakilan BPKP Provinsi Jambi berharap Dinkes Kabupaten Muaro Jambi dapat melibatkan peran tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk meyakinkan warga, khususnya para lanjut usia, bahwa vaksin aman dan halal.

Jaringan internet juga menjadi kendala, khususnya saat pelaksanaan vaksinasi di desa-desa, namun telah di mitigasi dengan cara melaporkan secara manual kepada Dinkes Kabupaten Muaro Jambi dan segera dapat diinput ke aplikasi SMILE.

Capaian vaksinasi untuk masyarakat secara umum mengalami peningkatan secara signifikan, terlebih saat berlakunya masa PPKM di Jambi. Secara umum masyakarat membutuhkan kartu vaksin untuk pengurusan perjalanan dan lain-lain,” ujar Koordinator Vaksinasi Covid-19 Raden Supriyadi.

Pihak Puskesmas Simpang Sungai Duren juga menyatakan bahwa selama ini stok vaksin aman, dengan model plotting dari Dinas Kesehatan Muaro Jambi, walaupun sejauh ini belum ada target sasaran untuk Puskesmas yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Muaro Jambi.