BPKP JAMBI SEPAKATI PENDAMPINGAN DANA PENCEGAHAN COVID-19 DI MUARO JAMBI

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menandatangani Nota Kesepahaman bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Muaro Jambi,  dengan Bupati Muaro Jambi bersama, Kejari dan Kapolres tentangPendampingan Dana Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Muaro Jambi, Senin (23/8).

Nota kesepahaman ini bertujuan untuk tercapainya tata kelola dan akuntabilitas pengelolaan dan penggunaan dana pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) dari perencanaan vaksinasi dengan pelaksanaan serta pertanggungjawaban. Terdapat beberapa kegiatan disinergikan melalui MoU ini meliputi antara lain kegiatan pencegahan, pendampingan hukum serta pengawasan terhadap akuntabilitas keuangan daerah, audit, evaluasi, reviu dan konsultasi guna mencegah terjadinya penyimpangan pengelolaan keuangan, pengadaan barang/jasa, penanganan covid-19, penyaluran bansos, dana stimulus bagi UMKM dan program padat karya serta kegiatan lainnya dalam rangka program PEN yang bersumber dari APBN, APBD, dan sumber lainnya yang sah.

Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini sangat penting untuk menjawab keraguan OPD dalam penggunaan dana pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dan berharap adanya pendampingan dari Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Kejaksaan Negeri dan Polres Muaro Jambi, sehingga setelah berakhir tidak ada salah kelola, salah aturan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dalam sambutannya berharap dengan adanya MoU ini, terjalin kerjasama yang semakin erat antara Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dengan Pemkab Muaro Jambi dan Kejaksaan serta Kepolisian dalam mencegah potensi permasalahan atas akuntabilitas belanja pencegahan dan penangan Covid-19. “Semoga MoU dapat segera ditindaklanjuti dengan rencana aksi yang lebih konkrit guna mewujudkan akselerasi belanja penanganan covid-19, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi dengan tetap menjaga tata kelola, pengendalian intern dan pengelolaan risiko,” tutup Sueb Cahyadi.

Acara ini dihadiri oleh Kajari Muaro Jambi Kamin S.H.,M.H., Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja dan Ketua DPRD Muaro Jambi Yuli Setia Bakti.