PENYERAHAN PIAGAM PENGHARGAAN MATURITAS SPIP DAN APIP LEVEL 3 PEMERINTAH KABUPATEN BUNGO

Dalam sambutannya yang diberi judul “Bincang Pengawasan”, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Rudy M. Harahap menyampaikan beberapa reviu program Pemerintah Kabupaten Bungo, di antaranya keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bungo menurunkan indeks angka penggangguran dan penduduk miskin di Kabupaten Bungo.

Rudy juga mengucapkan selamat untuk Pemerintah Kabupaten Bungo atas keberhasilannya meraih predikat maturitas SPIP Level 3 dan Kapabilitas APIP Level 3.“Pencapaian ke Level 3 bukan hanya kemampuan pengendaliannya semakin bagus, tetapi auditornya juga semakin kuat. Merupakan hal yang jarang suatu Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3 secara bersamaan. Perjuangan untuk mencapai Level 3 berdarah-darah baik dari BPKP maupun Pemerintah Kabupaten Bungo, bukan hanya salah satu pihak,” ujar Rudy.

Selain itu, Rudy juga berpesan agar dapat menjadi perhatian Bupati Kabupaten Muara Bungo untuk mengadakan pertemuan khusus bagi para Kepala Desa untuk menyelesaikan isu-isu berkaitan dengan aspek penarikan dan penyimpanan uang dari negara untuk Dana Desa untuk memitigasi risiko yang akan terjadi. Diharapkan Kepala Desa dapat memahami mengenai pertanggungjawaban dan ketaatan Dana Desa. Sehingga prioritas-prioritas pengelolaan Dana Desa yang diminta bisa dijalankan.

Pada kesempatan lain, Bupati Bungo, Mashuri, mengucapkan syukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh BPKP kepada Pemerintah Kabupaten Bungo. “Pencapaian ini tidak lepas dari tangan dingin teman-teman BPKP, baik dari penyelenggaraan pemerintahannya, tuntutan dan pertanggungjawaban terus ditingkatkan. Tahun depan harus menggunakan sistem IT untuk membantu penyelenggaraan daerah,” ujar Mashuri.

Mashuri menambahkan, “Selain SPIP, kita juga menerima penghargaan APIP level 3, artinya kawan kawan di APIP selama ini sudah berupaya, bekerja dengan keras dan baik, bagaimana menata manajemen pemerintahan di kabupaten Bungo ini.”

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo, Mursidi, Staf Ahli, para Kepala OPD dalam Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo, Kabid dan Kabag, Camat, Datuk Rio di lingkungan Kabupaten Bungo.