Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA SAMA CASH MANAGEMENT SYSTEM (CMS)
21 Januari 2020 08:53:36 / jambi / dibaca: 379 kali / Kat: Audit

Pada hari Rabu tanggal 11 Desember 2019 bertempat di Ruang Pola Bank Jambi telah diselenggarakan Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Cash Management System (CMS) khususnya Kabupaten Tebo. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Alexander Rubi Satyoadi, Direktur Utama Bank Jambi M. Yani, Bupati Tebo H. Sukandar dan jajaran Direksi Bank Jambi.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur Utama Bank Jambi, M Yani dalam sambutannya mengkemukakan bahwa Aplikasi CMS merupakan aplikasi layanan perbankan untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan transaksi pengelolaan keuangan daerah, khususnya transaksi pencairan SP2D. Aplikasi CMS dapat mempercepat proses pencairan Kas di Rekening Kas Umum daerah (RKUD) ke kas tujuan dengan konsep realtime/online. Dengan Aplikasi CMS ini maka pengelola keuangan Kas Daerah dapat mengetahui keadaan keuangan yang dikelola masing-masing Pemerintah Daerah  secara realtime.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Alexander Rubi Satyoadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPKP selain melakukan kegiatan Assurance juga melakukan kegiatan Consulting, salah satunya dalam bentuk menyediakan beberapa aplikasi. Khusus  terkait CMS ini akan di-link dengan aplikasi Simda Keuangan. CMS merupakan kelanjutan dari E-planning dan E-budgeting untuk mengurangi pelanggaran/penyalahgunaan anggaran. Dengan adanya CMS dapat mengurangi kontak secara langsung antara pihak yang berkaitan. Pada kesempatan ini juga ditegaskan bahwa BPKP siap mendukung upaya pengelolaan keuangan daerah yang lebih tertib, transparan dan akuntabel. Aplikasi CMS ini merupakan aplikasi pelayanan pembayaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Pihak Ketiga yang menjadi satu rangkaian pengelolaan keuangan daerah yang terintegrasi mulai dari perencanaan, penatausahaan Keuangan sampai dengan pembayaran.

Bupati Tebo, H. Sukandar dalam sambutannya mengemukakan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ Tahun 2017 Pemerintah Daerah diwajibkan untuk melakukan penerapan transaksi non tunai baik penerimaan maupun pengeluaran. Diharapkan dalam pengelolaan keuangan daerah bagi Pemerintah Daerah yang menggunakan Aplikasi CMS dapat menjadi lebih baik transparan dan akuntabel sesuai asas umum pengelolaan Keuangan daerah..

Penandatanganan Kerja Sama CMS dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Direktur Utama Bank Jambi, dan Bupati Tebo.



Share      

Berita Terkait:

10 Desember 2019 10:04:18 / jambi / dibaca: kali / Kat: Audit
KUNJUNGAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI KE KABUPATEN BATANGHARI
18 Nopember 2019 15:52:53 / jambi / dibaca: kali / Kat: Audit
KUNJUNGAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI KE KABUPATEN BUNGO MEMERIAHKAN PAWAI TAARUF MTQ KE-49
11 Nopember 2019 14:47:58 / jambi / dibaca: kali / Kat: Audit
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menghadiri Acara Penutupan Festival Kerinci
11 Nopember 2019 12:35:24 / jambi / dibaca: kali / Kat: Audit
KUNJUNGAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI KE KOTA SUNGAI PENUH
22 Oktober 2019 15:46:30 / jambi / dibaca: kali / Kat: Audit
KUNJUNGAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI KE KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR