Penerapan SIMDA Perencanaan, Kapabilitas APIP, SPIP pada Pemerintah Daerah Provinsi Jambi

Kegiatan dilaksanakan 2 (dua) hari, mulai hari Senin 20 November sampai dengan selasa 21 November 2017. Acara dihadiri oleh Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III, Iskandar Novianto mewakili Deputi Kepala BPKP bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Nasmifida, Korwas Bidang APD dan Korwas AN Perwakilan BPKP Provinsi Jambi serta Staff kedeputian Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah. 

Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah II dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Perpers 192 Tahun 2014 tentang BPKP, BPKP melaksanakan pengawasan berupa kegiatan konsulting dan assurance. kegiatan konsulting dapat dilaksanakan dengan kegiatan perbaikan Governanance system / tata kelola pemerintahan. terkait dengan daerah, kegiatan ini dilakukan antara lain dengan asistensi SIMDA Perencanaan, Peningkatan kapabilitas APIP dan Peningkatan maturitas SPIP. selanjutnya kegiatan assurance didaerah dapat dilakukan dengan kegiatan reviu LKPD, evaluasi dan monitoring yang hasilnya dapat digunakan sebagai umpan balik perencanaan.

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik yang mewakili Gubernur Jambi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi sosialisasi SIMDA Perencanaan ini dengan penerapan sistem SIMDA Perencanaan diharapkan dapat terlaksana proses perencanaan dan penganggaran yang akuntabel dan menjadi penting untuk dilaksanakan karena dapat diselaraskan dengan SIMDA keuangan yang telah diimplementasikan lebih dulu. Pada akhir sambutannya beliau berharap sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik dan materi yang disampaikan oleh narasumber BPKP Pusat dapat segera diimplementasikan.