Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jambi

PENINGKATAN KAPABILITAS APIP PERLU KOMITMEN PIMPINAN APIP
13 Oktober 2016 09:30:44 / jambi / dibaca: 1029 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Pada Senin pagi tanggal 10 Oktober 2016 kemarin, bertempat di Hotel Wiltop Jambi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Bapak Nasmifida, secara resmi membuka Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP bagi Pimpinan APIP di Wilayah Provinsi Jambi. Diklat yang dibiayai oleh anggaran program STAR BPKP Tahun 2016 tersebut akan berlangsung selama 5 ahri mulai tanggal 10 s.d 14 Oktober 2016.

Diklat tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari 24 orang berasal dari 12 Inspektorat Daerah di Provinsi Jambi dimana masing-masing Inspektorat Provinsi/ Kabupaten/ Kota mengirim 2 orang peserta, serta 6 orang merupakan auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Berdasarkan panduan diklat dari Pusdiklatwas BPKP, minimal 30% peserta Diklat atau 9 orang adalah wanita. Persyaratan ini telah terpenuhi, dimana terdapat 11 orang peserta wanita dan 19 orang peserta pria.

Diklat ini merupakan diklat yang dikhususkan bagi unsur pimpinan APIP Daerah. Berdasarkan data pada panitia Diklat, diketahui bahwa 24 orang peserta dari Inspektorat Daerah tersebut terdiri dari 18 orang eselon III (Sekretaris dan Irban), 3 orang eselon IV (Kasubbag) dan 3 orang auditor (2 orang P2UPD Madya dan 1 orang Auditor Muda).

Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP bagi Pimpinan APIP di Wilayah Provinsi Jambi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian/ketrampilan dan sikap professional bagi para pimpinan APIP Daerah di Wilayah Provinsi Jambi dalam meningkatkan kapabilitas APIP secara mandiri di lingkungan APIP masing-masing, dan bagi auditor Perwakilan BPKP Provinsi Jambi agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai tim validasi atau tim penjaminan kualitas atas peningkatan kapabilitas APIP.

Penyelengaraan Diklat ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh BPKP dalam rangka percepatan peningkatan Kapabilitas APIP Daerah sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Kepala BPKP Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Grand Desain Peningkatan Kapabilitas APIP dan Peraturan Kepala BPKP Nomor 16 Tahun 2015 Tentang Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP.

Dalam sambutannya, Bapak Nasmifida menyatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan peningkatan kapabilitas APIP Daerah adalah adanya komitmen yang tinggi dari para pimpinan daerah termasuk pimpinan APIP Daerah untuk meningkatkan kapabilitasnya. Namun hal ini belum dapat tersampaikan secara langsung kepada pada Inspektur Daerah karena pada waktu yang bersamaan para Inspektur Daerah di Wilayah Provinsi Jambi sedang mengikuti acara Pemutakhiran Data Hasil Pengawasan yang diselenggarakan Irjen Kemendagri di Bandung.

Walau demikian, Bapak Nasmifida mengharapkan kepada seluruh peserta Diklat maupun undangan yang mewakili Inspektur yang hadir untuk dapat menyampaikan kepada Inspektur dan kepala daerah masing masing akan pentingnya komitmen dalam peningkatan kapabilitas APIP ini sehingga bisa mewujudkan 85% APIP bisa mencapai level 3 pada tahun 2019 sebagaimana telah diamanatkan oleh Presiden RI dalam Rakorwasnas pada bulan Mei 2015 dan juga telah tercantum dalam RPJMN 2015-2019.

Humas BPKP Jambi



Share      

Berita Terkait:

21 Juli 2016 14:05:09 / jambi / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
JAMBI : Diklat Sistem Informasi Keuangan Desa Bagi Pegawai Pemda se-Provinsi Jambi Tahun 2016
24 Maret 2016 12:05:52 / jambi / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
JAMBI : Pembukaan Diklat Pembentukan Auditor Ahli Bagi Pegawai APIP dilingkungan Provinsi Jambi
03 September 2015 10:39:48 / jambi / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
RAPAT ANGGOTA IAI WILAYAH JAMBI DAN PENDIDIKAN PROFESIONAL BERKELANJUTAN
28 Agustus 2015 18:49:50 / jambi / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Sharing Knowledge Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) BPKP Provinsi Jambi
13 Maret 2015 17:55:29 / jambi / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
JAMBI : Beasiswa STAR Project BPKP, sebagai Upaya Pembentuk Agent of Change


GALLERY