Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Dialog Interaktif TVRI: Kaper BPKP Jabar, Pimpinan KPK dan Sekda Jabar bahas Penanganan Covid19
30 Juni 2020 16:02:37 / jabar / dibaca: 175 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Bandung (24/06), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat bersama Pimpinan KPK dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat melakukan Live Streaming melalui TVRI Jawa Barat, dengan pokok bahasan tentang Dana Bansos dan Strategi  Penanganan Covid19.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Barat telah menganggarkan dana yang cukup besar yaitu 10,7 Triliun dalam rangka penanganan dalam memerangi Covid19. Lebih lanjut Mulyana menyampaikan bahwa bentuk pengawasan dalam rangka mendukung akuntabilitas pengelolaan Dana Covid yang terbagi menjadi 3 segmen yang besar, yaitu untuk penanganan kesehatan, penanganan dampak sosial dan pemulihan ekonomi, untuk sementara ini BPKP lebih fokus untuk mengawasi bantuan sosial, dan berikutnya merencanakan untuk melakukan pengawasan khusus penanganan kesehatan, dan dari BPKP Pusat sudah menggariskan untuk penangganan kesehatan akan difokuskan bagaimana mengawal dan melakukan pengawasan terkait  pembiayan covid. Pembiayaan covid ada dua yaitu dana disediakan dari Pusat dan APBD, dan di daerah lebih fokus kepada dana yang disediakan dari APBD. Dan tugas-tugas khusus dari BPKP pusat untuk mengawal klaim biaya covid dan isentif tenaga kesehatan, namun masih sedikit data yang kami terima karena banyak Rumah sakit yang belum mengajukan ke pemerintah daerah maupun Pemerintah Pusat melalui BPJS.

Kesempatan berikutnya Setiawan sastraatmaja selaku Sekretaris daerah Provinsi Jawa Barat, dalam saluran daring menyampaikan bahwa pentingnya bagaimana mengendalikan kesehatan, dalam rangka pemulihan ekonomi, tanpa pengendalian yang baik akan sulit ekonomi pulih kembali. Dengan pengendalian anggaran yang sudah difokuskan tidak sia-sia. Progres ini berita baik bahwa Jawa Barat bisa mengontrol dengan baik, kerumunan dapat ditekan. Sembilan jalur bantuan yang masuk ke Jawa Barat. Tingkat level kewaspadaan dari 27 , sebanyak 17 sdh masuk warna biru, dan 10 warna kuning, hal ini setiap minggu kita laporkan ke gugus tugas terkait pengembangan ini. Sebelum mengakhiri perbincangan Sekda Jabar mengucapkan terima kasih kepada BPKP atas bantuan mengawal penyaluran dana bantuan sosial covid 19.

KPK memahami Covid 19 bukan hanya menjangkit indonesia tetapi global dimana pun negara akan melindungi rakyat adalah hukum tertinggi, KPK hadir dalam menjamin perlindungan rakyat indonesia. Bantuan medis, pemulihan ekomnmi, dan KPK hadir bukan pada pos tetapi pada pelaksanaan agar lebih efektif.

(Humas Jabar RS-SR)



Share      

Berita Terkait:

30 Juni 2020 16:02:50 / jabar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kopi Pagi Dialog Interaktif BPKP Jabar bersama KPK dan Pemprov Jabar
22 Juni 2020 11:33:38 / jabar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Jabar Salurkan bantuan Sembako Untuk THL dan Masyarakat Sekitar
22 Juni 2020 11:32:36 / jabar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Tasyakuran dan Halal bi Halal serta Perayaan HUT ke 37 BPKP secara online
15 Januari 2020 15:38:20 / jabar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Selamat Datang di Bumi Parahyangan Rahmat Syaban
11 Desember 2019 10:15:55 / jabar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Unpad Gelar Sidang Terbuka Ujian Promosi Doktor Bidang Akuntansi, Daryanto Auditor Utama BPKP