Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat

Rapat Anggota Tahunan IAI Wilayah Jawa Barat
14 Oktober 2019 02:06:53 / jabar / dibaca: 156 kali / Kat: Audit

Bandung, Sabtu (12/10/2019) bertempat di Unpad dilaksanakan acara Rapat Anggota IAI Wilayah jawa Barat dilakukan dalam bentuk talk show,  dengan narasumber dari  Perwakilan BPKP Provinsi Jabar, Perwakilan  BPK Provinsi Jawa Barat, Akuntan dari Bio Farma selaku praktisi dan dari IAPI jabar dengan tema  Akuntan Profesional  Indonesia. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Mulyana dalam paparan: Evolusi Auditor Internal menjadi trusted advisor, bahwa AI yang semula dari watchdog harus beralih fokus dari audit operasional dan keuangan yang bersifat kepatuhan kepada fokus AI atas strategi bisnis,  efektifitas manajemen risiko,  value for money dan audit tata kelola.

Evolusi melalui oversight ke insight menjadi forsight menunjukkan AI menjadi alat yang kompeten dalam mendukung pencapaian tujuan.

Dalam kesempatan tanya jawab,  Mulyana menegaskan bahwa dalam rangka trusted advisory,  maka yang perlu memahami three lines of defense bukan hanya auditor,  namun jajaran manajemen juga harus mengerti.

Fungsi AI sbg consulting adalah memberi rekomendasi/ advis atau memberi saran.  Tanggung jawab pengambilan keputusan ada di jajaran direksi. AI tidak boleh mengambil alih tanggung jawab manajemen.

Di akhir sesi,  seluruh pembicara sepakat bahwa akuntan dalam menjalankan profesinya harus profesional,  berintegritas dan beretika.



Share      

Berita Terkait:

15 Nopember 2019 01:57:55 / jabar / dibaca: kali / Kat: Audit
PT Pupuk Kujang Hadapi Risiko Fraud
01 Oktober 2019 09:30:53 / jabar / dibaca: kali / Kat: Audit
Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Pelantikan Pejabat Fungsional Auditor
01 Oktober 2019 09:29:32 / jabar / dibaca: kali / Kat: Audit
Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Pelantikan Pejabat Fungsional Auditor
26 Agustus 2019 11:01:06 / jabar / dibaca: kali / Kat: Audit
Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Risiko di Kabupaten Kuningan
01 Agustus 2019 09:50:37 / jabar / dibaca: kali / Kat: Audit
Bio Farma Membangun Kendali Kecurangan